Mohon tunggu...
T.H. Salengke
T.H. Salengke Mohon Tunggu... Tukang Ketik

Ora et Labora

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Niat Kuliah Sambil Kerja tapi Terganjal PJTKI

31 Januari 2020   14:24 Diperbarui: 31 Januari 2020   15:44 57 9 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Niat Kuliah Sambil Kerja tapi Terganjal PJTKI
Mahaziswa UT di Kuala Lumpur. (Dok Pribadi)

Puluhan dan bahkan ratusan tenaga kerja Indonesia di luar negeri yang ingin kuliah sambil kerja tidak dapat merealisasikan impian mereka hanya gara-gara ijazah yang ditahan oleh Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI). 

Ijazah asli diserahkan saat daftar di PJTKI yang memberangkatkan mereka ke luar negeri sebagai jaminan selama masa pomotongan gaji. Kebijakan ini diberlakukan karena banyak pekerja migran Indonesia yang lari dari tempat kerja. Maka dari itu menjadi jaminan untuk dapat mengurangi kerugian biaya selama proses pemberangkatan yang sudah dikeluarkan oleh PJTKI.

Miris memang apabila ijazah asli dijadikan jaminan. Namun tentu setiap orang memiliki alasan tersendiri mengapa harus ijazah yang diserahkan. Kita juga tidak bisa mempermasalahkan PJTKI yang terkesan arogan menahan atau mempersulit saat pemilik ijazah minta tolong scan atau foto ijazah. Semuanya punya alasan terse diri. 

Hanya saja sebagai pemilik ijazah harus bijak menyiasati hal ini sekaligus untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk PJTKI yang gulung tikar pada saat pekerja migran masih di perantauan, maka sebaiknya membuat salinan dan legalisir sebanyak mungkin supaya tetap bisa melanjutkan pendidikan walau PJTKI mempersulit atau bahkan hilang karena gulung tikar. 

Sekadar berbagi dari perantauan. 

KL: 30012020

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x