T.H. Salengke
T.H. Salengke Akademisi

Penulis lepas yang masih belajar merajut kata menjadi kalimat.

Selanjutnya

Tutup

Regional Artikel Utama

Ada Miniatur Indonesia di Malaysia

13 Januari 2018   20:49 Diperbarui: 15 Januari 2018   11:13 2287 14 8
Ada Miniatur Indonesia di Malaysia
Dokumentasi pribadi

Sekolah Indonesia Kuala Lumpur kini menjadi Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) terunggul di dunia. Dengan berbagai capaian prestasi baik di bidang akademik mapun seni dan budaya. 

Menapaki usia yang kelima puluh tahun, kiprahnya semakin berkibar ke seantero dunia baik dalam bidang pendidikan sebagai tugas pokoknya maupun dalam bidang sosial dan budaya sebagai tugas pendukung atas eksistensinya sebagai pusat pendidikan dan kebudayaan Indonesia di Malaysia.

Alumni Sekolah Indonesia Kuala Lumpur tersebar di berbagai perguruan tinggi bonafit dan juga yang bekerja di berbagai perusahaan, lembaga, dan instansi hebat di dalam dan luar negeri. Keberhasilan tersebut merupakan hasil dari penguatan Visi dan Misi yang terbungkus dalam pembangunan karakter sebagai dasar utama dalam mencapai tujuan kegiatan belajar mengajar yang telah terprogram dengan baik termasuk sistem ujian yang berbasis komputer.

Pada tahun 2018 merupakan tahun ke-5 sekolah menerapkan Kurikulum 2013. Dengan demikian, SIKL merupakan satu-satunya SILN pertama yang menerapkan Kurikulum 2013 sedari awal diperkenalkan oleh Pemerintah RI. Pada akhir 2017 yang lalu, Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) kembali memberikan Akreditasi A kepada Sekolah Indonesia Kuala Lumpur dengan nilai yang lebih tinggi dari akreditasi A sebelumnya untuk seluruh jenjang pendidikan yang ada yakni SD, SMP, dan SMA.

Pusat Kegiatan Sosial dan Budaya

Sebagai miniatur Indonesia di Malaysia, SIKL menjadi pusat kegiatan masyarakat yang dinamis, Pasukan Pramuka Gugus Depan 001-002 KBRI Kuala Lumpur sejak awal mula terbentuk, menjadikan Sekolah Indonesia Kuala Lumpur sebagai pangkalan latihan rutin di akhir pekan. Apalagi mayoritas anggota dan pelatihnya terdiri dari siswa dan guru Sekolah Indonesia Kuala Lumpur.

Demikian juga saat sekolah mengakomodir program belajar jarak jauh Universitas Terbuka, sejak tahun 2012 kegiatan pembelajaran dan ujian mahasiswa UT Pokjar Kuala Lumpur yang notabene diikuti oleh para buruh migran Indonesia juga berpusat di sekolah ini. Setahun kemudian yakni tahun 2013 kegiatan pelatihan bahasa Inggris dan komputer oleh Yayasan Edukasi untuk Bangsa (EUB) juga berpangkalan di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur.

Kegiatan yang bersifat insidentil, seperti seminar dan pertemuan masyarakat, Sekolah Indonesia Kuala Lumpur telah menjadi pusat belajar Bahasa Indonesia dan seni bagi sekolah menengah Brisbane Australia, pernah menjadi tempat seminar ASEAN bagi mahasiswa Chulalongkorn University Bangkok, pusat seminar mahasiswa dan masyarakat Indonesia di Malaysia, tempat penyelenggaraan lomba pidato dan debat bahasa Indonesia bagi penutur asing, pusat kursus dan pelatihan masyarakat, pelatihan seni dan budaya Indonesia bagi siswa sekolah menengah Malaysia, dan juga pameran pendidikan perguruan tinggi Malaysia, bahkan sebagai Tempat Pemungutan Suara (TPS) bila masa Pemilihan Umum tiba.

Selama ini Sekolah Indonesia Kuala Lumpur telah mengakomodir berbagai bentuk kegiatan keagamaan antaranya seperti acara berbuka puasa bagi masyarakat Indonesia, solat Idul Fitri dan Idul Adha serta lokasi penyembelihan hewan kurban pada setiap tahunnya.

Hal yang cukup menarik selama ini, Sekolah Indonesia Kuala Lumpur menjadi destinasi wisata pendidikan para perguruan tinggi dan sekolah di Indonesia. Sekolah ini juga sebagai tempat peminjaman pakaian adat daerah oleh masyarakat Indonesia yang akan mengikuti acara budaya di Malaysia.

Ketersediaan makanan khas Indonesia di kantin dan koperasi sekolah melengkapi suasana Indonesia di SIKL. Karena sekolah menyelenggarakan solat Jumat di Aula Taufiq Kiemas, maka pada hari itu masyarakat Indonesia akan berbondong-bondong ke SIKL untuk menunaikan solat Jumat. Setelah solat mereka akan ke kantin atau koperasi sekolah untuk mencicipi makanan khas Indonesia.

Sekolah Indonesia Kuala Lumpur sebagai lembaga pendidikan tetap eksis mengejar target capaian prestasi akademik dan skill siswa walau pun selalu disibukkan dengan kegiatan non akademik di lingkungan sekolah dan siswanya senantiasa ikut berperan aktif dalam berbagai kegiatan kedutaan dan masyarakat Indonesia dan Malaysia di luar lingkungan sekolah. 

Kini Sekolah Indonesia Kuala Lumpur tercatat telah berkiprah selama setengah abad yang walau pun secara resmi berdiri tanggal 10 Juli 1969. 

Hingga hari ini, Sekolah Indonesia Kuala Lumpur senantiasa konsisten dengan visi dan misinya untuk mencapai tujuan sebagai sebuah lembaga pendidikan dalam merajut cita anak bangsa di negeri jiran dengan berbagai problematika dan cobaan yang dihadapi yang semua itu telah menguatkan dan mendewasakannya.(*)

Sekadar berbagi untuk Indonesia hebat.

KL: 13012018