Mohon tunggu...
Thomson Cyrus
Thomson Cyrus Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta, blogger, vlogger

Tetap Semangat Indonesia, Kerja Keras dan Harus Optimis Email : thomson.cyrus@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Toba Pulp Lestari Selenggarakan Try Out I SMP Se-Toba agar Bisa Mendominasi SMA Plus di Toba

9 Desember 2021   18:17 Diperbarui: 9 Desember 2021   18:18 105 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Untuk mendapatkan SDM yang Unggul dan Andal, Dinas Pendidikan Toba terus memperbaiki diri dalam penyelenggaraan pendidikan di Toba. Demikian Rikardo Hutajulu, Sekretaris Dinas Pendidikan Toba saat saya ajak berbincang di SMP Negeri 1 Silaen, Toba.

Salah satu yang menjadi target dan tujuan adalah bagaimana meluluskan sebanyak mungkin siswa-siswi SMP Toba bisa diterima di SMA Unggul Del dan Yayasan Tunas Bangsa (dulu Yayasan Soposurung). 

Rikardo Hutajulu mengatakan bahwa pada awalnya Bpk TB. Silalahi (Yayasan Soposurung) dan Bpk Luhut Binsar Pandjaitan (Yayasan Del) mendirikan sekolah unggulan (SMA Plus) di Toba adalah untuk memberikan wadah (tempat) bagi siswa/I Toba berprestasi untuk menimba ilmu dengan pelayanan Sekolah yang prima, unggul dan bisa berdaya saing dengan sekolah-sekolah lain di Indonesia. 

Nyatanya dalam beberapa tahun belakangan ini, siswa dari Toba tidak bisa mendominasi masuk di kedua Sekolah Unggulan ini. Tentu ini menjadi perhatian serius kita, kata Rikardo Hutajulu yang belum genap setahun pindah dari ASN Kabupaten Samosir ke Toba.

Untuk itu, Rikardo Hutajulu menyampaikan akan kembali merebut dominasi siswa Toba di kedua Sekolah Unggulan tersebut. Salah satu langkah yang sudah dilakukan adalah membuat kelas unggulan di setiap SMP di Toba baik swasta maupun SMP Negeri. 

Dari sana akan bisa dipantau dan dibina baik akademik siswa maupun pembentukan karakter. Bukan berarti siswa-siswi yang lain tidak diperhatikan. Akan tetapi dalam setiap kompetisi, kita harus memilih orang-orang yang unggul dan andal agar bisa memenangkan kompetisi.

Dalam rangka itulah, sebagai bahan evaluasi untuk para siswa yang dipilih itu, diadakanlah Try Out, untuk menguji kemampuan mereka. Tanggal 20 November 2021 yang lalu, lewat bantuan PT Toba Pulp Lestari yang bekerja sama dengan Sekolah Unggulan Del diadakan Try Out I buat siswa/I Kelas IX se-Kabupaten Toba.

Pelaksanaannya dilakukan secara online di 5 Kecamatan (Parsoburan, Silaen, Porsea, Laguboti dan Balige). Adapun siswa yang mengikuti Try Out I ini diikuti oleh 856 siswa SMP se- Kabupaten Toba. Adapun tujuan Try Out ini adalah untuk melihat kemampuan dan kesiapan siswa dalam mengikuti ujian masuk Sekolah Unggulan di waktu yang akan datang.

dokpri
dokpri

Ramida Siringoringo, Manager CD Pt Toba Pulp Lestari yang datang memantau dan melihat kegiatan Try Out ini di SMP Negeri Silaen mengatakan bahwa PT Toba Pulp Lestari akan terus hadir ditengah-tengah masyarakat untuk berkontribusi mendukung setiap kegiatan masyarakat dalam rangka meningkatkan SDM di Toba. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan