Mohon tunggu...
Thomson Cyrus
Thomson Cyrus Mohon Tunggu... Wiraswasta, blogger, vlogger

Tetap Semangat Indonesia, Kerja Keras dan Harus Optimis Email : thomson.cyrus@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Demi Akselerasi Pembangunan Desa Tertinggal, Bupati Taput Undang Kades Garoga dan Parmonangan untuk Diskusi

19 Januari 2021   09:55 Diperbarui: 19 Januari 2021   10:21 137 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Demi Akselerasi Pembangunan Desa Tertinggal, Bupati Taput Undang Kades Garoga dan Parmonangan untuk Diskusi
foto : dokpri

Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi Undang Kades Se-Kecamatan Garoga Dan Parmonangan Bahas Akselerasi Pembangunan Desa Tertinggal.

Pada tanggal 18/1/2021, Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi mengundang Kepala Desa se-kecamatan Garoga dan Parmonangan ke rumah dinas Bupati untuk berdiskusi dan mendengar langsung dari para Kepala Desa, progress pembangunan yang sedang berjalan di daerah mereka dan juga membicarakan kebutuhan pembangunan infrastruktur apa lagi yang dibutuhkan masing-masing desa sesuai dengan kebutuhan desa itu agar desa mereka bisa lebih cepat maju.

Bupati Drs Nikson Nababan MSi dalam pertemuan menyampaikan dan berkata, "Saya mau mendengar langsung dari kades, tentang kondisi dan apa yang sudah dibangun serta apa saja yang perlu kita tuntaskan di sana. Sebab sejak awal, sekarang dan hari-hari ke depan kita akan tetap prioritaskan pembangunan yang mengarah sesuai dengan kebutuhan masyarakat".

Lebih lanjut Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi menyampaikan kepada para Kades yang hadir, "Saya mau mendengar langsung, apa lagi yang sangat diperlukan masing-masing desa? Infrastruktur apa yang perlu dibangun dan dibenahi di desa dan dusun saudara-saudara? Sebab saya tidak mau asal bangun, kita harus sesuaikan dengan kebutuhan dan usulan dari masyarakat. Pembangunan hari usulan dari bawah (masyarakat) lalu kita eksekusi ditingkat pimpinan dan kita berharap pembangunan yang berkelanjutan hingga akhirnya tuntas selesai dikerjakan".

Pertemuan yang dikemas dengan duduk di meja bundar di rumah dinas ditujukan agar para kades merasa santai dalam menyampaikan masukan dan permohonan mereka. Dalam masa pandemic covid-19 seperti ini Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi ingin tetap mengakselerasi pembangunan terutama di desa dan dusun yang masih tertinggal infrastrukturnya terutama jalan dan irigasi. 

Bupati sadar, dampak yang ditimbulkan oleh covid 19 sangat besar dan dia ingin warganya tetap bisa produktif di masa sulit seperti ini. Salah satu cara efektif untuk terus bekerja di masa seperti ini, ya mengundang para kepala desa untuk berdiskusi. Selain karena keterbatasan pergerakan karena protokol kesehatan, mengundang kepala desa adalah salah satu solusi, karena kepala desa yang lebih tahu dan lebih paham kondisi dan permasalahan desa masing-masing.

foto : dokpri
foto : dokpri
Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi yang didampingi Kadis PUPR Dalan Simanjuntak dan tim, Kadis Perkim Budiman Gultom, Camat Garoga dan Camat Parmonangan akan terus mengakselerasi pembangunan di Daerah pinggiran seperti Garoga dan Parmonangan. 

Sebagaimana diketahui, Kecamatan Garoga dan Parmonangan adalah dua diantara kecamatan lain yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara, dimana kedua kecamatan ini secara geografis posisinya berjauhan dari Lintas Sumatera Bagian Barat (Pusat Ekonomi) dan Tarutung (Pusat Pemerintahan, Pendidikan, Pariwisata) di Tapanuli Utara.

Garoga dan Parmonangan memang perlu perhatian khusus karena memang selain tadi agak jauh dari pusat perputaran ekonomi dan pemerintahan, kedua kecamatan ini tentu masih tertinggal infrastrutur jalan, irigasi, pendikan dan kesehatan disbanding beberapa kecamatan yang lain di Tapanuli Utara. Selain itu, masih ada beberapa dusun yang perlu perhatian pengadaan listrik bagi warga.

Menyadari itulah, Bupati Taput Drs Nikson Nababan MSi merasa perlu untuk mengadakan pertemuan ini. Selain  untuk mengurangi ketertinggalan infrastruktur, diharapkan juga untuk menggali potensi kedua daerah ini utamanya pertanian.

Salam kompasiana.

Penulis

Thomson Cyrus Siagian

VIDEO PILIHAN