Mohon tunggu...
Thomson Cyrus
Thomson Cyrus Mohon Tunggu... Wiraswasta, blogger, vlogger

Tetap Semangat Indonesia, Kerja Keras dan Harus Optimis Email : thomson.cyrus@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Artikel Utama

Mantul, Inilah Hasil Review Tol Trans Sumatera Sejauh 330 Kilometer

12 Desember 2019   12:52 Diperbarui: 13 Desember 2019   06:01 3858 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mantul, Inilah Hasil Review Tol Trans Sumatera Sejauh 330 Kilometer
Dokumentasi pribadi

Tanggal 21 november 2019, saya menjajal Tol Trans Sumatera mulai dari pelabuhan Bakauheni hingga tol keluar Kayu Agung sejauh 330 Km dan saya mengabadikan tol itu melalui video yang saya upload di YouTube channel saya "Thomson Cyrus" hingga 8 bagian video. 

Saya membagi video itu ke dalam 8 bagian agar pemirsa dapat melihat secara utuh jalan tol sepanjang 330 Km itu, tanpa ada potongan videonya. Jika ingin melihat betapa mantulnya jalan Tol Trans Sumatera itu, bisa langsung mampir ke channel "Thomson Cyrus" ya, lengkap di sana semua visualnya. Sehingga jika ada pertanyaan dalam artikel ini, mudah-mudahan bila menontonnya bisa terjawab sendiri. Jangan lupa di subscribe, dilike, dikomen dan juga dishare channel itu ya. Hehe.

Nah, dalam video itu, narasinya mungkin ada yang terlewat beberapa, karena narasinya keluar secara langsung saat menjelajahi tol itu tanpa script, maka wajar banyak yang terlupa dan terlewat. Sehingga saya sempurnakan lewat artikel ini agar informasinya semakin lengkap dan mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca maupun penonton YouTube channel saya.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Bila kita masuk dari arah Jakarta, tentu pintu yang harus kita lalui ke Tol Trans Sumatera adalah penyeberangan Merak (Banten)-Bakauheni (Lampung). 

Sebagai informasi, layanan penyeberangan Merak-Bakauheni sudah semakin lancar dan cepat. Bagi yang ingin lebih cepat, sekarang sudah tersedia penyeberangan ferry eksekutif. 

Penyeberangan ini tentu lebih cepat dan lebih nyaman, dan untuk harga dapat dikatakan lumayan mahal. Kalau membawa mobil pribadi, perbedaan haragnya bisa sekitar Rp 200 ribu per mobil.

Tapi perlu dicatat, penyeberangan biasa juga sudah tepat waktu juga loh, jadi tak perlu antri lama lagi. Begitu masuk pelabuhan, tak lama pasti langsung masuk kapal Ro-Ro. Tidak ada lagi macet puluhan kilometer yang terjadi di masa lalu.

Nah, begitu keluar dari kapal ferry penyeberangan, di pintu keluar pelabuhan, akan nampak jalan yang langsung berhubungan dengan jalan Tol Trans Sumatera yang mana di sebelah kiri merupakan pintu masuk jalan tol, dan arah lurus merupakan jalan lintas biasa. 

Sebelum masuk ke pintu transaksi pertama di pintu Tol Bakauheni Selatan, dari pelabuhan hingga ke pintu tol pertama, jaraknya kira-kira kurang lebih 3 Km.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Jalan Tol Trans Sumatera Bakauheni-Kayu Agung terdiri dari beberapa seksi yang dikerjakan oleh BUMN PT Hutama Karya. Tol Trans Sumatera sendiri terdiri dari 2 lajur yang mana masing-masing sisinya hampir sama dengan ruas tol Cipali di Tol Trans Jawa. 

Tanggal 15 November, tepat seminggu sebelum liputan saya, ruas Terbanggi Besar-Simpang Pematang-Kayu Agung yang disingkat dengan Tol Terpeka, diresmikan oleh Presiden Jokowi dan sejak tanggal 15 November, jalan tol itu gratis untuk pengguna. Itu sebabnya, saya hanya membayar hingga Terbanggi Besar, dari Terbanggi Besar hingga Kayu Agung masih gratis. 

Meski Tol Trans Sumatera Bakauheni hingga Kayu Agung sudah selesai dan sudah beroperasi, ada beberapa catatan penting yang harus diperhatikan oleh pengguna untuk diketahui agar perjalanan mereka lancar, aman, dan selamat hingga tujuan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN