Mohon tunggu...
Thomson Cyrus
Thomson Cyrus Mohon Tunggu...

My Passion : Ble$$ing To oThers dan Selalu Bersyukur Dalam Segala HAL Email : thomson.cyrus@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Jokowi Suntikkan Semangat Kepada Bupati Taput Nikson Nababan, Bangun Kawasan Danau Toba!

12 April 2016   11:49 Diperbarui: 12 April 2016   12:02 0 5 1 Mohon Tunggu...

 

[caption caption="Jokowi disambut Nikson Nababan di Bandara Silangit, sumber fb Nikson Nababan"][/caption]Tapanuli Utara adalah salah satu Kabupaten, puzzle (kepingan) dari sebuah daerah pinggiran Danau Toba. Berada di pinggiran Danau Toba, Tapanuli Utara terdiri dari perbukitan perbukitan yang dipisahkan oleh lembah, jurang dan berbagai Hutan. Melihat sifat daerahnya yang berbukit dan lembah, Tapanuli Utara masih tertinggal dari infrastuktur. Warganya hidup dari pertanian dan perdagangan. Pun demikian, Tapanuli Utara sarat dengan sejarah berbagai torehan perjalanan orang Batak.

Dalam artikel sederhana ini, saya tidak terlalu banyak membahas seperti apa dan bagaimana Tapanuli Utara, sebab saya tidak terlalu mengenal secara keseluruhan Kabupaten ini.

Saya hanya ingin membagikan beberapa informasi yang penting bagi masyarakat luas, yang saya rasa berguna dan bermanfaat dalam memberikan informasi sehubungan dengan mendukung terciptanya destinasi Kawasan Wisata Danau Toba.

Sebagaimana dalam artikel sebelumnya sudah saya singgung bahwa Bandara Silangit yang diharapkan sebagai pintu gerbang ke Kawasan Wisata Danau Toba berada di Kabupaten Tapanuli Utara. Sebagai pintu gerbang Kawasan Danau Toba, tidak cukup hanya membenahi Bandara Silangit saja, tetapi Pemda harus membangun akses dari Bandara ke Danau Toba. Tapanuli Utara memiliki kecamatan Muara yang langsung berhubungan dengan pinggir Danau Toba. Maka dalam rangka menghubungkan akses Bandara Silangit ke Danau Toba, Bupati Nikson Nababan saat ini sedang giat giatnya memperbaiki akses ke Kecamatan Muara.

[caption caption="Membuka akses jalan baru, untuk mengurai daerah terisolasi, sedang dilakukan, sumber gambar, fb Nikson Nababan"]

[/caption]Nantinya di Muara akan diperbaiki pelabuhan, sehingga suatu saat diharapkan dari Muara lah para wisatawan sebahagian menyebar keseluruh pinggiran Danau Toba naik kapal, baik kapal cepal (speed boat) atau kapal feri.

[caption caption="Membuka akses jalan ke Muara, Pelabuhan di pinggir Danau toba, sumber gambar, fb Abineno Situmorang"]

[/caption]Keterbatasan APBD Tapanuli Utara tidak menyurutkan niat Bupati Nikson Nababan untuk memperbaiki jalan (akses) yang ada di daerahnya demi mendukung terciptanya Monaco of Asia. Dalam satu kesempatan misalnya Bupati Nikson Nababan, dengan berani memaparkan Rencana Pembangunan ke Departemen Keuangan lewat Dirjen Perimbangan Daerah untuk meminta dukungan dalam membangun berbagai infrastruktur yang dibutuhkan dalam membiayai segala keperluan untuk pembangunan Tapanuli Utara.

[caption caption="Bupati Nikson Nababan menemui Dirjen Perimbangan Keuangan untuk memaparkan Rencana Pembangunan Taput, sumber fb Nikson Nababan"]

[/caption]Di Lain waktu misalnya, Bupati Nikson harus rela malam malam memantau perkembangan pembangunan dan perbaikan yang terjadi di Bandara Silangit, untuk memastikan Bandara Silangit bisa melayani sesuai dengan waktu yang dimintakan oleh Presiden Jokowi agar akhir maret Garuda Indonesia bisa mendarat di Bandara Silangit. Hasilnya Garuda Indonesia sudah rutin terbang dari Jakarta ke Silangit, dan kita mendapatkan kabar, penumpang selalu penuh hingga saat ini dan mulai 26 April maskapai Sriwijaya Air akan terbang setiap hari dari Jakarta menuju Bandara Silangit.

[caption caption="Bupati Nikson Nababan memantau pembangunan Bandara Silangit hingga larut malam, sumber fb Nikson Nababan"]

[/caption]

Dalam kondisi yang lain misalnya, mengetahui keterbatasan Anggaran untuk membiayai pembangunan, Bupati Nikson Nababan menggerakkan warga untuk bergotong royong memperbaiki jalan jalan dengan dibantu aparat dan sumbangan Alat berat untuk membuka akses-akses ke perkampungan perkampungan, hasilnya mulai terlihat.

[caption caption="Warga bergotong royong memperbaiki akses jalan bersama aparatur negara, sumber fb Nikson Nababan"]

[/caption]

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x