Mohon tunggu...
Thomas Panji
Thomas Panji Mohon Tunggu... Mahasiswa

Berusaha dengan sebaik mungkin

Selanjutnya

Tutup

Musik Artikel Utama

Tomorrowland dan Misi Perdamaian Dunia

24 Januari 2020   00:00 Diperbarui: 27 Januari 2020   17:57 256 5 1 Mohon Tunggu...
Tomorrowland dan Misi Perdamaian Dunia
Perhelatan Tomorrowland 2013| Sumber: Maxime Byttebier.

Para penonton yang datang ke Tomorrowland seolah-olah hanyut dalam kebahagiaan dan secara tidak langsung mereka saling terhubung secara organik.

Festival musik biasanya selalu menyajikan berbagai macam atraksi spektakuler dari para musisi yang dinanti-nantikan oleh para penggila musik di manapun. 

Festival musik memang terkenal sebagai tempat yang menyenangkan, penuh semangat, penuh euforia, dan juga menjadi sebuah kekuatan serta sebagai alat untuk menjalin perdamaian.

Perdamaian? Apakah mungkin hal ini bisa disuguhkan dalam sebuah pagelaran festival musik? 

Jika kita melihat festival musik besar seperti halnya Soundrenaline, Hammersonic, ataupun Djakarta Warehouse Project, biasanya festival-festival ini terkenal karena daftar artis yang mengisi acara dan seberapa spektakulernya panggung yang dibangun.

Konteks yang mempersoalkan tentang festival musik dan perdamaian pun memang tidak terlalu begitu terlihat di kebanyakan acara musik termasuk beberapa contoh festival musik yang ada di atas.

Namun, ada sebuah festival musik yang secara tidak langsung menjadi alat pembawa pesan damai. Festival musik itu bernama Tomorrowland.

Seperti apakah bentuk yang disampaikan oleh Tomorrowland dalam festivalnya? 

Ada baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa itu Tomorrowland sebelum kita masuk di mana letak dari pesan damai yang dibawa oleh Tomorrowland.

Tomorrowland adalah sebuah festival musik EDM dari Belgia dan menjadi festival EDM terbesar di dunia. Festival musik ini berlokasi di dalam De Schorre Park, Boom, Belgia dan sudah menapaki perhelatannya yang ke-14 sejak tahun 2005. 

Berdasarkan sumber yang dikutip dari Pajaro (medium.com, 2018), Tomorrowland adalah sebuah festival musik EDM yang didirikan oleh dua bersaudara, yakni Manu dan Michiel Beers yang masih memegang kepemilikan dari Tomorrowland secara penuh.

Tomorrowland sendiri dalam perhelatannya bekerja sama dengan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri hiburan asal Belanda yang bernama ID&T. 

Kerja sama yang ciamik tersebut sudah bertahan kurang lebih sejak tahun 1990-an dan juga telah berhasil menghasilkan salah satu festival musik terbesar di dunia, yakni Tomorrowland.

Mereka dinilai telah berhasil membuat sebuah produk hiburan yang bisa bertahan dalam persaingan bisnis festival musik dan telah berhasil membuat pijakan kuat dari fitur-fitur yang selalu ditampilkan oleh Tomorrowland setiap tahunnya.

Afrojack, Nicky Romero dan David Guetta Saat Tampil dalam Satu Panggung yang Sama di Tomorrowland 2013| RUDGR.com
Afrojack, Nicky Romero dan David Guetta Saat Tampil dalam Satu Panggung yang Sama di Tomorrowland 2013| RUDGR.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x