Mohon tunggu...
Thomas Panji
Thomas Panji Mohon Tunggu... Mahasiswa

Berusaha dengan sebaik mungkin

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Swaragama FM, dari Radio untuk Meroket

30 Agustus 2019   09:11 Diperbarui: 30 Agustus 2019   09:30 183 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Swaragama FM, dari Radio untuk Meroket
swaragamafm.com

Radio, salah satu media massa yang masih eksis hingga pada hari ini. Sebagai media massa, radio sangat erat kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap informasi, hiburan dan pendidikan (Uchjana, O. 2003:137-138). 

Meski radio masih eksis hingga saat ini, namun tidak dapat dipungkiri bahwa ukurannya sebagai media massa konvensional, levelnya tidak setara dengan televise yang notabene jauh lebih sempurna dalam produk medianya, karena dapat menyuguhkan sifat "auditif" dan "visual" sekaligus dan  didukung dengan teknologi media siaran yang lebih canggih dan muktahir. 

Di era ini, radio sudah mengalami begitu banyak perubahan dan bentuk yang sudah disesuaikan dengan segmentasi generasi dan pangsa pasar pendengarnya, seperti radio wanita, radio rohani, radio anak muda dan lainnya. 

Kemunculan-kemunculan radio swasta menjadi bukti kuat bahwa persaingan media lewat bisnis radio masih dipandang cukup menjanjikan. Beberapa strategi pemasaran yang dilakukan oleh radio swasta sangat beraneka ragam. 

Misalnya, membawakan acara dan membuat konten yang sesuai dengan visi dan misi radio yang sudah disesuaikan dengan segmen pasarnya dan di implementasikan ke dalam pembuatan program acara, sapaan pendengar dan acara-acara tahunan radio.

Saat ini radio komersil atau radio swasta tidak hanya menjadi sekedar radio dan menjual produknya dalam rupa suara penyiar radio saja. Namun, sebagai perusahaan media, stasiun radio pun juga memiliki potensi dan kemungkinan untuk menjual produk-produknya dalam beraneka ragam rupa serta mampu untuk mengembangkan berbagai bisnis yang terkait. 

Produk-produk dan bisnis seperti siaran radio visual, produk majalah, sekolah kursus radio dan lainnya dapat menjadi beberapa hal yang sekiranya bisa dibuat untuk mnejadi komoditi bagi sebuah perusahaan radio dalam rangka mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar serta pengaruh yang lebih besar. 

Sebut saja Swaragama FM. Swaragama FM adalah salah satu stasiun radio yang berada dibawah naungan induk perusahaan PT Radio Swara Gadjah Mada dan menjadi salah satu radio anak muda pertama di Provinsi D. I Yogyakarta yang pada awal perkembangannya sekitar tahun 2002 berhasil menyabet penghargaan sebagai radio yang kontennya erat dengan gaya hidup anak muda saat itu. 

Di umurnya yang telah menginjak 19 tahun, radio Swaragama FM saat ini tidak hanya berfokus pada bisnis radio saja. Dengan strategi pemasaran yang ciamik dan di dukung oleh semangat kapitalis yang tinggi, bisnis mereka saat ini juga merambah pada pendidikan, event organizer, majalah dan hingga stasiun radio baru.

Pengertian Ekonomi Politik Komunikasi dan Spasilisasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x