Mohon tunggu...
Thomas Je
Thomas Je Mohon Tunggu... Menulis yang ingin ditulis

There's no Superman.....\r\n\r\n...menulis yang ingin ditulis....

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Menjadi PNS adalah Jalan Ninja Menuju Sukses?

3 Februari 2020   14:55 Diperbarui: 3 Februari 2020   14:54 208 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menjadi PNS adalah Jalan Ninja Menuju Sukses?
dokpribadi

Kemarin, hari Minggu sore saya berangkat sepedaan dengan anak laki-laki saya. Biasanya kami ke Stadiun Sport Jabar Arcamanik atau biasa dikenal dengan GOR Arcamanik Bandung, mengeilinginya sekuat jagoan saya yang masih berumur 8 tahun. Rekor dia baru 7 kali putaran sudah minta pulang. 7 kali putaran sekitar 9,1 km, lumayan juga buat anak seusia dia. Tapi saya tidak mau membahas tentang sepedaan atau GOR Arcamanik ini.

Saat memasuki parkiran GOR, kami melihat ratusan mobil terpakir, bahkan sampai menutup keliling GOR yang biasa dipakai buat olah raga warga sekitar, termasuk kami. Usut punya usut, ternyata ada test Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di dalam GOR-nya. luar biasa antusiasme masyarakat yang ingin menjadi seorang PNS. 

Lihat baliho peringatan di atas, di situ jelas tertulis agar berhati-hati terhadap upaya penipuan/bujukan/iming-iming dari siapapun yang menjanjikan dapat membantu kelulusan seleksi CPNS. namun yang terjadi, penipuan yang berkaitan dengan penerimaan CPNS ini tetap selalu terjadi di mana-mana. Apakah masyarakat kita tidak pernah belajar dari kesalahan? Kalau saya sih, uang ratusan juta mending buat buka usaha, beli stok barang, memperbesar toko, beli rak display dan sebagainya. Daripada buat nyuapin orang nggak jelas.

prfm
prfm

Banyaknya mobil berjejer di parkiran GOR Arcamanik mengindikasikan bahwa, mereka yang ikut test CPNS ini sebenarnya adalah orang-orang yang kemampuan ekonominya sudah bagus. Animo masyarakat masih sangat besar untuk menjadi PNS, terlihat dari plat nomor mobil yang datang berasal dari hampir semua kota di proponsi Jawa Barat. 

Diliput dari PRFM, Sekitar 37.985 peserta CPNS Pemprov Jabar akan mengikuti tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Gedung Youth Center SPORT Jabar Arcamanik, mulai digelar pada Rabu, 29 Januari sampai 8 Februari 2020. Ya, nyaris 38 ribu orang sangat mendambakan untuk menjadi PNS di Provinsi Jawa Barat untuk mengisi 1.934 formasi di lingkungan Pemprov Jabar. Kalau dihitung prosentase yang akan diterima adalah 5% saja . Jumlah itu baru untuk CPNS di lingkungan pemerintah Provinsi Jawa Barat.  Jika ditambah dengan peserta 27 pemkab/pemkot di Jabar, jumlah peserta CPNS yang lolos tahap administrasi mencapai 282.620 orang. Luar biasa!

dokpribadi
dokpribadi

Sebegitu indah kah hidup menjadi seorang PNS? Mari kita lihat struktur gaji PNS untuk tahun 2020.

PNS golongan I biasanya diperuntukkan bagi yang berpendidikan sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP), Golongan I-A sebesar Rp 1.560.800, Golongan I-B sebesar Rp 1.704.500, Golongan I-C sebesar Rp 1.776.600, Golongan I-D sebesar Rp 1.851.800.

PNS golongan II biasanya dijabat oleh pegawai yang berpendidikan SLTA/sederajat hingga D-III, Golongan II-A: Rp 2.022.200, Golongan II-B: Rp 2.208.400, Golongan II-C: Rp 2.301.800, Golongan II-D: Rp 2.399.200.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x