Mohon tunggu...
THOMAS DIEGO LAFRANS MULJONO
THOMAS DIEGO LAFRANS MULJONO Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Sepakbola

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Geladi Hominisasi (2 Oktober 2022)

5 Oktober 2022   21:49 Diperbarui: 5 Oktober 2022   21:58 50 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Thomas Diego L.M - 6052201001

Acara Geladi Hominisasi pada tanggal 2 Oktober 2022 dimulai dengan sebuah tugas yang harus dikerjakan sebelum acara tersebut dimulai. Dalam tugas tersebut terdapat pertanyaan mengenai makna dari lagu nasional yaitu Indonesia Raya, yang dimana kita harus memilih syair dari lagu tersebut dan menemukan maknanya bagi kita. Setelah itu kita diberi pilihan untuk memilih dari beberapa video, dan dari video tersebut kita menghubunginya dengan sebuah topik.

 Tugas ini merupakan introduksi yang baik untuk acara hominisasi dan untuk mempersiapkan para pesertanya. Setelah mengerjakan tugas ini, para peserta diberi link untuk acara hominisasi yang diadakan secara online. 

Acara hominisasi dimulai dengan sambutan dari dosen-dosen dan pengurus acara, yang dilanjutkan dengan penjelasan mengenai acara tersebut. Para peserta diberi tugas secara berkelompok dimana kita akan membahas dan menyiapkan presentasi sesuai dengan topik yang diberikan. Kemudian kelompok-kelompok tersebut akan presentasi dan ditentukan pemenangnya. 

Tanpa membuang banyak waktu, para peserta segera diberi waktu untuk berkumpul bersama kelompoknya masing-masing untuk membahas tentang ide presentasi. 

Setelah selesai menyiapkan presentasi, kelompok-kelompok mulai presentasi sambil dinilai oleh pengurus acara, dan kemudian ditentukan siapa kelompok yang paling baik dan unik. 

Selesai menentukan siapa pemenang, terdapat sebuah penjelasan secara garis besar mengenai nilai-nilai dan hal yang bisa dikembangkan oleh pengurus acara, dan kemudian acara pun selesai. 

Selama acara geladi hominisasi yang singkat ini, saya mempelajari banyak hal. Saya mempelajari mengenai nilai-nilai penting yang harus dipegang sebagai warga negara yaitu dengan berpikir secara kritis dan juga bertutur kata yang baik, karena dengan memegang nilai atau sikap tersebut kita bisa meningkatkan kualitas komunikasi dan juga aksi kita sebagai warga negara yang baik. 

Kita juga diajari bagaimana nilai SINDU yang dimiliki UNPAR mengajarkan kita mengenai hal-hal yang mendukung kita menjadi warga negara yang baik pula. 

Selain itu, saya juga mempelajari banyak hal dalam kerja kelompok yang dijalani yaitu cara bekerja sama dalam waktu yang singkat dengan orang-orang baru, dan juga saya menjadi lebih berani dalam presentasi dan berbicara di depan banyak orang. 

Hal ini akan sangat berguna bagi saya dalam dunia perkuliahan dan juga pada dunia kerja nantinya dimana kita akan sering bertemu dengan orang baru dan juga berbicara di depan banyak orang, oleh karena itu kita harus memegang erat nilai-nilai tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan