Mohon tunggu...
Thomas Ferdi Leihitu
Thomas Ferdi Leihitu Mohon Tunggu... stay healthy, happy, believe

Semoga meinginspirasi dan bernilai

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Mulai Investasi Barang Lelang Sekarang (Part 1)

27 Maret 2019   15:44 Diperbarui: 28 Maret 2019   14:12 176 3 0 Mohon Tunggu...

"Saya mau beli rumahnya terus saya renov dan saya jual lagi."
"Rumahnya dulu berhantu pak, tapi sekarang saya bikin jadi kost-kostan syariah, dan laris."
"Mobilnya saya cat ulang, ada historinya sitaan koruptor, harganya jadi tinggi."

Itu obrolan dalam dunia lelang yang seru, karena sebenarnya orang-orang ini sedang bicara visi kedepan yang saya pun tidak pernah bayangkan sebelumnya.

Pahami Dulu

Saya mau sedikit membuka wawasan tentang investasi di lelang. Karena dalam sepengamatan saya, delapan dari sepuluh orang enggan membahas tentang berinvestasi di lelang. Karena banyak faktor, barangnya sudah rusak, seram rumahnya, isunya tanahnya dikuasai preman dll. Padahal mungkin yang sedang kita bahas ini adalah emas yang belum digosok, yang nilaianya bisa berkali lipat

Nah, sebelum menghitung potensi untung, prinsip lelang sendiri yaitu adanya barang yang ditawarkan terbuka untuk umum, ditawar harga tertinggi dengan sebelumnya diumumkan terlebih dahulu. Ini harus kita pahami dulu. 

Dan pada faktanya, jenis rumah, tanah, kendaraan, emas batangan adalah barang yang banyak diburu di lelang, dan pesertanya bisa siapa saja dan dari mana saja. tapi menariknya, pesertanya kadnag hanya bisa dihitung jari. Jadi, peluang menang di depan mata kan.

Tips untuk pemula, kalau mau investasi di lelang harus aktif dan mau agak capek, karena yang jual lelang gak punya 'showroom'..otomatis kita mesti rajin dateng lihat barangnya, mengamati detail barang, dan cek untung rugi. 

Jadi kalau mau investasi di lelang:

  • Harus rajin liat pengumuman lelang di surat kabar atau situs online terpercaya
  • Harus rajin cari pembanding harga barang, semakin terbiasa akan semakin terasah
  • Harus rajin menghitung nilai barang sekarang dan proyeksi nilai nanti dengan tier tiga bulan, enam bulan dan setahun berikutnya
  • Harus efisien dengan berusaha menjalankan semua proses secara mandiri, contohnya bayar pajak sendiri, urus ke pertanahan atau samsat sendiri, pasti akan hemat biaya jasa
  • Mengandung prinsip investasi saham, high risk high return

Teknis Di Lapangan

Untuk semua hal kita hanya perlu menjejakkan 3 langkah awal, mulai mulai dan mulai. Yang bingung tabungan mau dibuat apa, deposito yang sudah lama nganggur mau diapakan, sudah punya banyak emas di rumah, yuk lirik alternatif investasi di lelang. Paling mudah semua diawali dengan mengetikkan kata lelang di search engine maka akan  terlihat info-info lelang yang diselenggarakan oleh negara, instansi, balai lelang, bank dll. Pilihlah yang kita minat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x