Mohon tunggu...
Thomas UmbuJoka
Thomas UmbuJoka Mohon Tunggu... Pribadi.

THOMAS UMBU JOKA

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Produksi Kopi Khas Sumba secara Tradisional

5 Agustus 2019   23:03 Diperbarui: 6 Agustus 2019   09:51 0 1 1 Mohon Tunggu...
Produksi Kopi Khas Sumba secara Tradisional
Dokpri

Produksi Kopi Sumba Secara Tradisional

 Pasca Panen Dan Produksi Kopi Sumba

 

 

Kopi. Ya berbicara tentang Kopi umunya di Indonesia adalah salah satu minuman khas, hasil dari seduhan biji kopi yang telah sangrai dan dihaluskan menjadi bubuk sangat nikmat saat diminum. Kopi merupakan sala satu komoditas di dunia yang telah dibudidaya dengan berbagai macam varietas yang baik dan unggul. Kopi tersendiri merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 Negara. Kopi secara umum memiliki dua varietas  yaitu Kopi Rabusta dan Kopi Arabika.

 Namun Berbicara dengan Kopi Khas dari SUMBA sangatlah unik. Dalam kesempatan ini saya sebagai Penulis ingin menyampaikan proses pasca panen kopi sampai diproduksi secara manual dan Tradisional khas Orang Sumba. Berbicara dengan SUMBA, Sumba berada di Timur Indonesia tepatnya di Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Sumba terbagi akan 4 Kabupaten yaitu: Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, dan Sumba Barat Daya. Dalam hal ini masyarakat umum sumba masi sangat bergantungan akan tradisional dan kebudayaan yang sangat Kuat dan kental oleh karena itu sumba terbilang 4 kabupaten keluarga.

 Kopi dalam kalangan masyarakat umum Sumba adalah sajian sehari-hari dalam kebutuhan hidup. Namun pada umumnya masyarakat sumba sangatlah langkah dalam bertani budidaya tanaman kopi, hampir semua masyarakat umum menanam sendiri untuk diproduksi sendiri juga, sampai sejauh ini masyarakat sumba belum ada gerakan dan keinginan untuk bertani budidaya tanaman kopi khas Sumba. 

Berbicara dengan Lahan umumnya lahan disumba sangatlah luas hampir setiap masyarakat Sumba mempunyai lahan dan mempunyai Tanaman Kopi tersebut, andai saja lahan dan Tanaman Kopi tersebut dipergunakan untuk bertani budidaya sangat berpengaruh untuk kebutuhan hidup dan pendapatan dalam usaha Tani, dibandingkan lahan dan tanaman hanya dibiarkan begitu saja tanpa manfaat yang menghasilkan. Itulah sekilas pandangan saya dalam gambaran umum masyarakat SUMBA.

Tahap Pasca Panen dan produksi Kopi Sumba 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2