Humaniora Pilihan

Perkuat Program, Disdikbud Kaltara Jalin MoU "Triple Joint"

14 Februari 2018   01:29 Diperbarui: 14 Februari 2018   02:37 234 0 0
Perkuat Program, Disdikbud Kaltara Jalin MoU "Triple Joint"
Perkuat Program, Disdikbud Kaltara Jalin MoU Triple Joint


Tarakan (12/2/2018). Guna memperkuat program percepatan peningkatan mutu pendidikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Utara menjalin kerjasama tiga pihak dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kaltara dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) berlangsung di Royal Hotel Kota Tarakan, Senin, 12 Februrari 2018.

MoU ini dimaksudkan untuk memperluas jalinan kerjasama dengan mitra-mitra pendidikan guna semakin mempercepat peningkatan mutu pendidikan bagi provinsi termuda di Indonesia ini. Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltara, Dr. H. Sigit Muryono, M.Pd.Kons, kerjasama tiga pihak kali ini adalah kerjasama ke 10 yang telah dilakukan oleh Disdikbud prov. Kaltara sebelumnya dengan beberapa perguruan tinggi dan lembaga-lembaga-lembaga yang memiliki concern pada pengembangan pendidikan.

Semua kerjasama kemitraan yang dilakukan Disdikbud Kaltara dilakukan untuk peningkatan kualifikasi, kompetensi, sertifikasi pendidik dan tenaga kependidikan di Kaltara. Dengen begitu, diharapkan daya saing SDM Kaltara bisa lebih cepat dicapai, tegasnya.

Perkuat Program, Disdikbud Kaltara Jalin MoU Triple Joint
Perkuat Program, Disdikbud Kaltara Jalin MoU Triple Joint
Didampingi, Kepala Bidang Pembinaan Kenetagaan, Ahmad Muthohar, M.SI,  nantinya, Khusus MoU Triple Joint ini, akan di fokuskan pada 4 aspek pengembangan kompetensi Guru dan tenaga kependidikan (yakni peningkatan kompetensi GTK dalam bidang penulisan karya ilmiah guru, Penelitian Tindakan Kelas, kualifikasi dan kompetensi Guru PAI pada Sekolah  dan penguatan pendidikan Karakter).

Leading sector implementasi program ada pada LPMP Kaltara dan IAIN samarinda menyediakan layanan pengembangan kurikulum program dan fasilitator.

Sebagaimana di ketahui, bahwa IAIN samarinda telah memiliki banyak jurnal ilmiah, termasuk 2 jurnal ilmiah yang  telah terakreditasi oleh Menristekdikti. Dengan MoU ini diharapkan guru-guru dan pengawas pendidikan dapat terfasilitasi dengan baik dalam kemampuan publikasi karya ilmiahnya. sambungnya.

sementara, LPMP Kaltara memiliki komitmen untuk mengembangkan kemampuan menulis karya ilmiah Guru dan tenaga kependidikan lainnya serta memiliki program pengembangan jurnal ilmiah pendidikan yang nantinya bisa menjadi wadah aktualisasi keilmuan guru dan pengawas pendidikan dalam publikasi karya ilmiah yang diakui sesuai ketentuan yang ada.

Dengan jalinan kerjasama ini, Ahmad Muthohar berharap nantinya diharapkan guru dan pengawas pendidikan di Kaltara tidak akan kesulitan dalam pengembangan karir dan kepangkatannya karena adanya persyaratan penulisan dan publikasi karya ilmiah untuk jenjang pangkat yang lebih tinggi. 

Dalam acara penandatangan MoU ini, dihadiri para kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Se Kalimantan Utara, para pejabat Dinas pendidikan, BAP S/M dan perwakilan kepala sekolah dalam ajang Sosialisasi sistem penjaminan mutu pendidikan dan Penguatan Pendidikan Karakter yang dihelat LPMP Kaltara.

Acara juga di hadiri tim pengembang pelaksanaan pendidikan Karakter dari kementerian Pendidikan dan kebudayaan. (thr)