Mohon tunggu...
Cyber Pertanian Aceh Besar
Cyber Pertanian Aceh Besar Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Maju, Mandiri dan Modern.

Menanamlah maka engkau akan menyelamatkan kehidupan..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Kursus Tani, Kiat Jitu Tingkatkan Kapasitas Petani

1 Agustus 2022   18:19 Diperbarui: 1 Agustus 2022   18:35 122 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto : Edi Subhan

Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar menaruh perhatian terhadap petani padi sawah. Melalui Bidang Penyuluhan, pendampingan petani padi dilaksanakan dalam bentuk demfarm padi sawah dan bimbingan teknis berupa kursus tani. 

Dalam hal ini, Balai Penyuluh Pertanian Indrapuri diberikan mandat untuk melaksanakan kegiatan demfarm padi sawah dengan metoda kursus tani.

Kursus Tani merupakan proses belajar mengajar bagi pelaku utama, beserta keluarganya yang diselenggarakan secara sistematis, teratur dan dalam jangka waktu tertentu. Tujuannya adalah meningkatkan pengetahuan, kecakapan, sikap dan pengalaman petani.

Selain itu, Kursus Tani diharapkan dapat memecahkan permasalahan yang timbul dalam usaha tani, menambah pengetahuan, meningkatkan keterampilan, menumbuhkan sikap positif dan kreatifitas serta mengembangkan sikap kepemimpinan petani.

Dengan adanya kegiatan ini, peran penyuluh pertanian aceh besar di tuntut untuk senantiasa mendampingi dan membimbing petani. Penyuluh tetap harus aktif dan produktif mendampingi petani jangan sampai ada pangan yang tertahan.

Penyuluh pertanian tidak melupakan tugas pokok dan fungsi sebagai penyuluh lapangan. Pelaksanaan  kunjungan dan penyuluhan  petani tetap dilaksanakan. pertanian dan penyuluhan tidak boleh berhenti.

Keberhasilan di bidang pertanian aceh besar tak lepas dari dukungan para penyuluh pertanian. Penyuluh pertanian merupakan ujung tombak dalam pembangunan dan pengembangan sektor pertanian untuk mencapai cita-cita luhur founding father bangsa ini, yaitu kedaulatan pangan-bukan sekedar swasembada atau ketahanan pangan saja. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan