Mohon tunggu...
Edi Sabara
Edi Sabara Mohon Tunggu... Edi Sabara

The Village Society

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Riset Pasar Pelaku Bisnis

30 April 2017   10:58 Diperbarui: 30 April 2017   12:17 0 2 0 Mohon Tunggu...
Riset Pasar Pelaku Bisnis
Sumber: http://isngs.com

Setiap perusahaan tentunya memiliki tujuan agar produk yang di pasarkan bisa sukses dalam penjualan dan memiliki konsumen yang loyal terhadap produk . Dalam tulisan ini saya ingin sharing untuk teman-teman tentang pentingnya riset pemasaran agar teman-teman bisa sukses bersaing di pasar.

Dalam beberapa tahun ini pertumbuhan produk dalam negeri mengalami peningkatan yang signifikan ,terutama dengan semakin bermunculan nya usaha kelompok masyarakat (UKM) dan yang di kelola oleh pemerintah desa melalui BUMdesa (Badan Usaha Milik Desa) .  Tentunya semua tahapan sukses dalam menjual produk , setiap perusahaan melakukan strategi pemasaran yang kreatif dengan melalui beberapa tahapan .  Salah satu tahapan yang penting adalah melakukan riset pemasaran , yaitu melakukan penelitian tentang apa saja yang di butuhkan pasar dan masyarakat tertutama yang berkaitan dengan jenis produk yang akan kita pasarkan.

Beberapa Ahli pemasaran memilki pendapat tentang definisi riset pemasaran . Philip Kotler sebagai salah satu ahli pemasaran dunia mendefinisikan riset pemasaran sebagai perancangan, pengumpulan, analisis, dan pelaporan yang sistematis dari data atau temuan yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi oleh perusahaan.

Menurut Malhotra Riset Pemasaran Adalah Suatu Proses  Identifikasi Masalah, Pengumpulan Data Informasi, Analisis dan Penyajian Informasi Secara Sistematis dan Obyektif Yang akan digunakan  managemen dlm mengambil keputusan Serta Memecahkan permasalahan yg berhubungan dgn Pemasaran.

Marketing Association (McDaniel, 2001) berpendapata bahwa , riset pemasaran secara formal didefinisi sebagai fungsi yang menghubungkan konsumen, pelanggan dan publik dengan pemasar (Marketer) melalui informasi-informasi Yang digunakan untuk melakukan identifikasi Sertan mendefinisikan  peluang dan masalah pemasaran; serta menghasilkan, menyempurnakan dan mengevaluasi upaya serta memantau kinerja pemasaran; memperbaiki pengertian pemasaran sebagai suatu proses.

Riset pemasaran juga membantu perusahaan mengetahui detail siapa saja yang membutuhkan produk atau jasa yang akan kita tawarkan , serta dapat mengetahui kondisi persaingan untuk jenis produk yang sama dengan yang kita jual . Pelaksanaan riset pemasaran ini bisa dilakukan oleh perusahaan sendiri atau menggunakan jasa perusahaan yang ahli di bidang strategi pemasaran  , semua bisa kita sesuaikan dengan kemampuan biaya pemasaran yang ada di perusahaan .

Beberapa Alasan mengapa Riset Pemasaran Penting  :

  • Mengetahui Informasi yang tepat sesuai dengan kondisi pasar
  • Proses pelaksanaan riset pemasaran ini diharapkan perusahaan akan mendapatkan informasi banyak hal tentang kondisi pasar , antara lain:
  • Informasi tentang kebutuhan pasar
  • Informasi tentang harga produk
  • Informasi tentang perusahaan dan produk pesaing
  • Informasi tentang kualitas produk yang di inginkan
  • Informasi tentang produk yang sekarang sedang laku di pasar.
  • Informasi tentang sistem jaringan distribusi
  • Informasi tentang model promosi produk di pasar
  • Perkembangan Marketing Yang Semakin Kreatif
  • Seiring perkembangan teknologi internet dan pemasaran online semakin tumbuh berkembang pesat , tentunya persaingan antar perusahaan menjadi semakin tinggi dengan berbagai strategi kreatif yang harus di lakukan . Untuk itu sebelum produk di pasarkan perlu membuat penelitian / riset di lapangan agar bisa memilih strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan kriteria pasar yang di tuju .
  • Membuat efektifitas waktu dalam mengambil keputusan
  • Setiap manajer pemasaran tentunya harus membuat keputusan yang tepat dengan target waktu yang sudah di sepakati dengan perusahaan . Dengan turun langsung melihat kondisi di pasar , para manajer tidak perlu lagi repot membuat analisa tentang situasi pasar , karena bisa langsung mengetahui dengan turun melakukan riset / penelitian.
  • Menciptakan Jaringan Distribusi Produk .
  • Dalam proses akhir pemasaran hal yang terpenting adalah distribusi . Bagaimana produk bisa sampai ke pasar dengan tepat dan efektif . Untuk itu kita harus melakukan perencanaan model saluran distribusi . Untuk itu diperlukan riset tentang bagaimana jaringan distribusi dan siapa saja distributor yang akan menjadi mitra perusahaan ke depan.

Riset pemasaran ini merupakan proses yang dilakukan oleh perusahaan- perusahaan yang sekarang telah sukses dan memulai riset pemasaran ini sejak dari usaha awal berjalan hingga menjadi perusahaan besar, untuk itu para pelaku ukm , bumdesa , koperasi dan perusahaan yang baru berdiri sekalipun sangat dianjurkan untuk melakukan riset pasar.

Banyak perusahaan yang baru berdiri mungkin menganggap riset pasar ini tidak begitu perlu dengan alas an khawatir aka nada biaya yang besar untuk melakukan kegiatan ini , akan tetapi sebenarnya bahwa besar kecil nya biaya untuk melaksanakannya tergantung kreatifitas perusahaan terutama bagian marketing untuk membuat strategi riset yang kreatif .

Beberapa metode survei yang bisa di lakukan oleh perusahaan untuk riset adalah sebagai berikut :

  • Wawancara langsung
  • Survei langsung di pasar seperti pusat perbelanjaan tradisional maupun modern dengan membuat kegiatan beberapa hari untuk meminta konsumen mengisi kuesioner dan cara ini memerlukan dan biaya yang lebih mahal dari model lain nya.
  • Wawancara melalui telepon
  • Survei melalui saluran telekomunikasi  dengan melakukan wawancara telepon pada data konsumen pada database yang dimiliki perusahaan .
  • Wawancara melalui surat / e-mail
  • Metode ini semakin gencar di lakukan sejak trend pemasaran online semakin meningkat , dan metode ini cenderung lebih murah secara biaya dan tidak banyak memerlukan tenaga riset.
  • Beberapa data penting yang harus di miliki oleh setiap perusahaan untuk proses riset adalah sebagai berikut :
  • Data Pelanggan dan Calon Pelanggan
  • Data Distributor Eceran
  • Data Distributor Besar
  • Data Periklanan
  • Data Media dan publikasi
  • Data Industri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x