Mohon tunggu...
Ridwan Garcia
Ridwan Garcia Mohon Tunggu... Marine cargo surveyor

blogger www.infokapal.wordpress.com Marine Cargo Surveyor

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Tranportasi Laut Kepulauan 1000

22 Oktober 2019   01:03 Diperbarui: 22 Oktober 2019   01:24 0 0 0 Mohon Tunggu...
Tranportasi Laut Kepulauan 1000
Iinfokapal.wordpress.com

Selayang pandang mengenal kepulauan yg berdekatan dgn ibukota jakarta, aku sempat mampir ke sana dan melihat kondisi, aktivitas kegiatan yg terjadi di sana. sungguh luar biasa pesona alam yg ada di di sana, dan akan menjadi surga dunia bagi para turis yg akan berkunjung ke sana.

Kepuluan 1000 mempunyai jumlah penduduk sebanyak lebih kurang 23.897 jiwa (2017) yang tersebar di sebelas pulau-pulau kecil berpenghuni. Kesebelas pulau tersebut di antaranya Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Tidung Besar, Pulau Tidung Kecil, Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua, dan Pulau Sebira. Selain pulau-pulau berpenghuni, terdapat pula beberapa pulau yang dijadikan sebagai pulau wisata, seperti Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Kotok Besar, Pulau Puteri, Pulau Matahari, Pulau Sepa, dan sebagainya.

Pusat pemerintahan kabupaten ini terletak di Pulau Pramuka yang mulai difungsikan sebagai pusat pemerintahan kabupaten sejak tahun 2003. Terdapat dua Kecamatan di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yakni Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Dengan jumlah penduduk yg cukup padat dan roda perekonomian berjalan sangat baik, tapi sayang seribu sayang kepulan 1000 yg cantik mempesona. mempunyai daya jual tinggi untuk wisata air yg luar biasa ada di sana. dalam hal ini kurangnya perhatian dari pemerinta pusat khusus pemerintahan DKI jakarta.

Tujuan wisata di sana cukup banyak untuk menarik hati para turis doemstik dan internatsional tapi sayang nya masi kurang di kelolah secara baik dan profesional.

jika kepuluan 1000 di kembangan seperti Bali . angka pendapatan daera kepuluan 1000 akan naik secara signifikan, fasilitas hotel hotel harus di bangun. insfratruktur harus di bangun. pengembangan program wisata di kembangan dan lebih di tunjukan prodak yg akan di jual dan juga alat transportasi laut yang menuju kesana harus di bangun secara masif dan terencana dgn system yg baik.

Ambil contoh kondisi transportasi laut yg ada saat ini masi sangat minim dan belum memuaskan para konsumen jasa transportasi laut. jika kita akan berkunjung kesana bisa melalu beberapa tempat. baik dari marina ancol atau melalui muara angke di pelabuhan kali adem.

kapal kapal penumpang yg melayani trayek ke sana masi banyak mengunakan kapal tradisional..kondisi dari kapal penumpang tradisional yg ada saat ini sangat memprihatikan. baik dari kondisi kapal tersebut yg tidak layak laut , kondisi alat keselamatan yg tidak memenuhi standard untuk kapal penumpang sesuai Solas 1974., kondisi dari alat alat navigasi yg di bawah standerd, kondisi dari dari kecapakan dan keterampilan crew kapal dan dokumen sertifikate yg di miliki di bawah standard. kondisi permesian dan juga system perlistrikan yg sangat membahaya bagi kapal crew dan penumpang.

saya harap dengan postingan dan ulasan yg saya buat selama berkunjung di kepuluan 1000 bisa jadi bahan pertimbangan untuk para pejabat yg berkepentingan dan regulator dalam hal ini Pemirinta DKI jakarta, dan perhubungan laut segera memperbaiki jasa dan system angkutan laut yg tidak di kelolah dengan baik dan benar.

keadaan kondisi kapal tradisional saat ini


infokapal.wordpress.com
infokapal.wordpress.com

Untuk meningkatkan pertumbuhan pariwisata di kepuluan 1000 permerinta DKI dan pemerinta daera juga masyarakat dan swata harus berkerja sama dalam membangun perkembangan wisata disana.

Kembali ke jasa transportasi keselamatan para penumpang yg akan berkunjung ke kepuluan 1000 harus di utamakan dalam hal ini pembenahan dan peremajaan kapal kapal penumpang kayu menjadi kapal modern

untuk memenuhui standard dan mempunyai aturan main sesuai Solas 1972, Marpol, STCW 95, londline, ISPS, dan juga dalam majemen pengolahan, perawatan dari kapal kapal tersebut yg memberikan jaminan keselamatan bagi para penumpang yg akan ke kepulaun 1000.

Kabar gembira yg datang dari masyarkat kepulan 1000 bahwa ada pihak swata yg sudah bekerja sama dengan para memilik kapal kapal kayu di mana mereka telah melakukan kesepakatan kerja sama yg sudah terikat dgn MOU. yaitu kerjasama antara PT TRANS 1000 jakarat dgn 24 pemilik kapal tradisional.

Konsep yg ditawaran sangat baik dan masyarakat sangat mendukung. dari info yg kami dapat dimana pihak swata PT. Trans 1000 melakukan peremajaan dari semua kapal kapal yg telah bekerja sama dgn mereka tanpa mehilangkan dan merugikan hak milk dari pemilik kapal dan crew kapal yg ada saat ini

konsep yg di tawarkan dgn system Nol DP. untuk kapal kayu tersebut dimana status mereka akan di rubah dan di alih fungsikan menjadi kapal cargo dan feder

dan untuk alat transportasi kapal penumpang PT. Trans 1000 memberikan pengantian kapal kapal cepat modern yg memiliki Klasifikasi yg standart sesuai aturan yg ada. dalam hal ini (Solas, marpol,ISPS, STCW, load line)

Dari prototype yg sudah ada saat ini kapal cepat modern dgn kapaitas 200 pax dgn kekuatan 6 mesin 250 pk per mesin dan daya jelaja hight sea bisa mencapai 25 knots. dgn system navigasi yg baik di lengkapi system radio komunikasi , Radar, GPS, kompas, Ais, sart dan epirb yg mendukung kerja para navigator bekerja dan dapat berlayar dgn aman.

system permesinan dan perlistrikan yg baik dan juga di lengakapi dgn syatem alat pemadaman kebakaran yang baik dan kapal ini juga di lengkapi dgn alat keselamatan yg sesuai dgn aturan Solas. walaupun type kapal ini adalah type non class tetapi pemilik kapal mengingin dan memberikan pelayanan safety/keselamatan yg terbaik untuk para penumpangnya.

download-5dadf0a2097f3668e3449c84.jpg
download-5dadf0a2097f3668e3449c84.jpg

breakingnews.co.id/



download-1-5dadf06a0d8230695e29d0c2.jpg
download-1-5dadf06a0d8230695e29d0c2.jpg

jakarta.tribunnews.com

Semoga pihak swata yg bertujuan baik ingin memperbaiki kondisi dari system transportasi laut di wilayah kepulan 1000 dapat terlialisasi secepatnya dan dukungan pemirintah DKI, perhubungan laut, masyarakat dan bersama sama mendukung program yg baik ini untuk kepentingan kepuluan 1000 pada umumnya.

perubahan harus segera di lakukan jika kita berjalan lambat maka musiba musiba di laut akan makin terus dan terus terulang kembali. sudah banyak korban kecelakaan laut karena kapal kapal yg beroperasi tidak layak laut. semoga dgn ada pelopor dari pihak swata yg peduli dgn kondisi maritim dikepulauan 1000 bisa menjadikan percontohan untuk daerah derah lainya.

dan jangan sampai kejadian seperti kapal KM Sinar bangun yg menelan 180 korban jiwa di danau toba terulang kembali dan kejadian tenggelamnya  KM Arista yang memakan korban di laut sulawesi selatan, Tenggelamnya KM Pinang Jaya yg memakan korban di laut jawa dan masi banyak lainya yg belum lama terjadi. kita bisa lihat dari data kecelakaan kapal laut yg terjadi di data laporan KNKT saat ini. dan ini  semua harus di stop.

Safety management system yg di terapkan harus di implimintasikan dgn benar di atas kapal dan quality management dari perusahaan pengolah kapal kapal tersebut harus mempunya acuan dan stadarisasi sesuai aturan main dari IMO.

System dari perawatan kapal (PMS) juga harus di kelolah dgn baik, Management crew juga harus di tata dgn baik. jika ini dapat di lakukan dan di terapkan , secara tidak langsung memberikan jaminan keselamat yg terbaik buat para calon turis domestic dan internasional untuk berkunjung ke sana. dgn nyaman.

Kunci dari semua ini adanya keperdulian yang tinggi terhadap keselamatan nyawa di laut. dukungan pemerinta DKI dalam hal ini gubernur jakarta harus mensupport program peremajaan kapal kayu menjadi kapal modern, mempermudah perijinan bagi mereka yg ingin menberikan solusi terbaik agar tidak di persulit. untuk regulator dalam hal ini dishub mensupport dan memfasilitasi agar program yg baik dan tepat ini bisa berjalan secepatnya tanpa ada kepentingan lain.

semoga kepulauan 1000 bisa segera berbena diri dan menjadi detinasi tempat wisata yang  terbaik di wilayh DKI jakarta dan bisa menjadikan wilayah tersebut sebagai tempat tujuan wisata ke dua setelah bali

Terima kasih semoga masukan dan saran untuk mereka yg berkepentingan dan mempunyai wewenang di sana dapat mengunakan kesempatan ini untuk mendukung secara penuh program yg baik buat masyarakat  kepuluan 1000 dan jakarta.

dan harapan besar penulis kepada Gubernur DKI dan pemerinta pusat menjadi masukan info dan data yg kami miliki sebagai acuan pertimbangan dalam kebijakanya.  Peningkatan anggaran pendapatan daera di kepulauan 1000 dan DKI jakarta. dapat di tingkatkan. dgn kekuatan finansial yg di miliki DKI  akan sangat mampu menyulap hamparan kepulauan 1000 menjadi pusat destinsi terbaik di DKI jakarta.

Dan saya sebagai putra jakarta yg lahir dan besar di dunia maritim merasa terpanggil untuk itu. dengan ulasan artikel ini saya bisa memberikan masukan dan secara tidak langsung saya bisa  memberikan sedikit sumbangsi pemikiran untuk pembangunan jakarta tercinta. Wasalam

Morocco 17, Oct 2019
Capt. Ridwan M.Mar