Mohon tunggu...
Theresia Sumiyati
Theresia Sumiyati Mohon Tunggu... https://www.kompasiana.com/theresiasumiyati8117

Saya seorang ibu dengan 2 orang anak laki-laki. Senang membaca, menulis, dan bermain musik. Hidup terasa lebih indah dengan adanya bacaan, tulisan, dan musik.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kenakalan yang Mungkin Terjadi dalam Rapat

24 Februari 2021   10:47 Diperbarui: 24 Februari 2021   10:56 32 8 0 Mohon Tunggu...

Kenakalan yang Mungkin Terjadi dalam Rapat

Setiap orang pasti pernah mengikuti sebuah rapat. Ada rapat keluarga, rapat RT, rapat guru, rapat para lurah, serta rapat-rapat yang lain.

Sebuah rapat tentu ada tujuannya. Antara lain untuk menyampaikan hal-hal yang perlu diketahui atau dibicarakan oleh seluruh anggota dalam sebuah komunitas.

Tetapi dalam kenyataannya, rapat yang diadakan terkadang tidak efektif. Waktu pelaksanaan yang tidak tepat, bahan yang dibicarakan tidak menarik, pemimpin rapat yang kurang siap atau tidak menguasai bahan, merupakan beberapa hambatan penyebab rapat tersebut tidak efektif. Para peserta rapat mulai mengalihkan perhatian ke hal-hal yang lebih menarik. Mungkin para pembaca pernah mengalami hal ini.

Saya, menemukan ada beberapa kenakalan yang sering terjadi dan dilakukan oleh sebagian dari peserta rapat. Antara lain :

  • Ngobrol. Berbicara dengan teman yang duduk di sebelahnya mulai dengan bisik-bisik, lama-lama terdengar suara yang agak keras. Kegiatan ini akan berhenti ketika mendapat sindiran atau teguran dari pemimpin rapat.
  • Ngantuk. Kelemahan setiap orang saat mengalami hal yang tidak menyenangkan, saat kekenyangan, saat kelelahan, akan merasa ngantuk. Mata terasa berat untuk dibuka. Leher pun tak bisa menyangga kepala.
  • Makan. Makanan ringan seperti kacang, keripik, bisa menjadi teman yang bisa mengalihkan perhatian dari rapat yang membosankan.
  • Melamun. Melamun adalah kondisi sesaat terputusnya pikiran seseorang dengan lingkungan di sekitarnya. (id.m.wikipedia.org). Biasanya terjadi pada saat seseorang mengalami hal yang mengganggu pikiran dan perasaannya. Sehingga tidak bisa mengikuti rapat dengan segenap hati dan pikirannya.
  • Membuat tulisan di kertas kecil. Kertas tersebut diberikan kepada teman di sebelahnya untuk dijawab. Akhirnya terjadi tukar-menukar kertas kecil atau bahkan kertas yang lebih besar dalam bentuk buku.
  • Mengerjakan tugas yang lain. Pura-pura menulis notulen rapat padahal menulis yang lain tentang tugasnya yang belum selesai.
  • Berselancar di dunia maya dengan ponsel. Siapa sih yang tidak memiliki telepon pintar saat ini? Dengan benda kecil ini semua orang bisa melihat dunia dengan sekali pencet. Pengetahuan, hiburan, ada semua di sana.
  • Foto selfie. Kemajuan teknologi telah membuat seseorang bisa membuat foto diri tanpa bantuan orang lain. Dengan menggunakan ponsel cerdas seseorang bisa melakukan hal itu di mana saja, dan kapan saja.

Ada 8 kenakalan yang bisa terjadi dalam sebuah rapat. Apakah pernah melakukan salah satu di antaranya? Kalau iya, ayo segera bertobat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x