Hal Penting Untuk Guru Kelas Rendah
Kreativitas guru diuji pada saat ini, ketika aktivitas mengajar  dilakukan secara daring. Kalau dulu guru cukup membawa alat peraga berupa gambar atau benda asli ke dalam kelas. Atau anak diajak untuk melihat langsung obyek yang dipelajari.Â
Misalnya jika menjelaskan tentang tanaman, anak-anak bisa diajak ke kebun sekolah. Kini upaya untuk menghadirkan hal itu perlu bantuan teknologi yang sekarang sudah banyak tersedia. Bersyukur bahwa banyak orang pintar bisa menciptakan bermacam aplikasi sehingga dapat membantu para guru dalam melaksanakan tugasnya. Kalau tak ada sarana itu, yang terjadi mungkin lebih menyusahkan lagi.
HP dan leptop merupakan sarana yang tak bisa lepas dari genggaman guru saat menunaikan tugasnya. Â Upaya menghadirkan pembelajaran yang menarik terkadang membuat pusing para guru. Mungkin karena sudah lama hal ini dilakukan, hingga muncul kejenuhan baik di pihak guru maupun murid. Mungkin juga dialami oleh para wali murid yang mendampingi anak-anaknya.
Satu hal yang seharusnya dimiliki oleh guru, murid, dan wali murid saat ini adalah saling pengertian. Guru mengerti kesulitan yang dihadapi murid dan wali murid, sedangkan murid dan wali murid juga mengerti kesulitan yang dihadapi oleh gurunya. Dengan demikian pembelajaran tetap berjalan, walaupun tertatih-tatih. Seraya diiringi doa dari semua pihak agar bencana ini segera berlalu.
Ada sedikitnya dua hal yang hendaknya dilakukan oleh para guru (terutama di kelas rendah), agar pembelajaran tetap bisa berjalan dengan menyenangkan.
- Belajar. Para guru tetap mengusahakan agar pelajaran menjadi tidak membosankan. Maka belajar bagi para guru juga merupakan kewajiban. Belajar dari berbagai sumber, bisa dengan sesama guru, atau media belajar yang lain yang banyak tersedia pada saat ini.
- Kerjasama. Kerjasama antar guru paralel juga harus dilaksanakan, agar kesulitan dalam pembelajaran bisa dikurangi, atau bahkan dihilangkan. Sebagai contoh yang dilakukan oleh guru-guru kelas 1 SD Xaverius 2 Jambi dalam membuat video pembelajaran. Pada semester 1, mereka akan mengajarkan menulis tegak bersambung. Karena tidak mungkin mengajarkan secara langsung, maka dibuatlah video pembelajaran. Hal ini tentu tak bisa dilakukan sendiri. Maka diperlukan kerjasama untuk membuatnya. Ada yang menjadi model, dan ada yang mengambil gambar, serta mengeditnya, sehingga menjadi sajian yang menarik.
Semoga bermanfaat.