Mohon tunggu...
Theresia Iin Assenheimer
Theresia Iin Assenheimer Mohon Tunggu... Lainnya - Ibu dari dua putra

Belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Artikel Utama

Merenovasi Rumah Menjadi Rumah Hemat Energi, Air, dan Ramah Lingkungan

26 September 2021   17:04 Diperbarui: 27 September 2021   22:14 906 32 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Merenovasi Rumah Menjadi Rumah Hemat Energi, Air, dan Ramah Lingkungan
Rumah kami dilapisi gabus atau Styropor untuk menghemat energi pemanas ruangan. Foto von iin.

Rumput yang hijau segar penyebab tagihan yang segar pula

Dua puluh tahun lalu saat bapak mertua belum meninggal pernah terkaget-kaget menerima tagihan air ledeng yang lebih dari 1000 DM waktu itu atau lebih kurang 500 euro. Kalau dirupiahkan sekitar 8 juta rupiah. 

Setelah diingat-ingat kembali ternyata saat musim panas dimana hampir tidak ada hujan, bapak mertua menyiram halaman rumah kami yang berupa hamparan rumput dengan air ledeng setiap hari. Tentu saja hasilnya halaman rumput kami hijau segar seluas 850 meter persegi, tidak kuning meranggas. 

Orang Jerman bilang "Saftige Rassen, saftige Rechnungen". Kalau diterjemahkan bebas, rumput yang segar menyebabkan tagihan yang segar pula.

Sejak itu kami kapok dan tidak lagi menyiram rumput kami meskipun tidak ada hujan dan rumput menjadi kuning meranggas, sedih memang, tetapi kami tidak mau membayar tagihan air yang tinggi. 

Sejak saat itu kami mulai berpikir nanti kalau genting rumah kami diganti kami akan sekalian membuat penampungan air hujan. Air hujan ini kami tampung dan kami gunakan untuk menyiram tanaman dan halaman rumput rumah kami.

Menghemat biaya penggunaan air dan pembuangan air.

Di Jerman, selain kami membayar air minum yang berarti membayar biaya air yang kami gunakan sehari-hari juga membayar Abwaser gebueren atau biaya air limbah dan air hujan yang masuk ke gorong- gorong.

Jadi air yang kita buang kedalam gorong-gorong termasuk air hujan yang jatuh di atas atap dan halaman rumah kita. Semakin luas halaman rumah kita yang tertutup dengan semen semakin mahal Abwasergebueren.

Jadi dengan menampung air hujan, kami tidak hanya menghemat biaya air masuk, biaya pembuangan air dan mencintai lingkungan dengan menggunakan air hujan yang berlimpah dan gratis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...
Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan