Mohon tunggu...
Theresia Iin Assenheimer
Theresia Iin Assenheimer Mohon Tunggu... Lainnya - Ibu dari dua putra

Belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Menikmati Sayuran dan Jamur dengan Hot Pot

30 Juni 2021   04:52 Diperbarui: 30 Juni 2021   05:45 129 22 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menikmati Sayuran dan Jamur dengan Hot Pot
Hot pot foto von iin assenheimer

Hot Pot merupakan cara menghidangkan makanan berasal dari Mongolia. Dari Mongolia dibawa ke Cina dan menyebar ke seluruh asia.  Terutama asia timur,  Cina, Taiwan, Korea, Vietnam, Thailand dan Jepang. Orang Cina menyebutnya Huoguo. 

Hot Pot, chinesisches Fondue atau Fonduenya orang Cina ini menggunakan kaldu. Beda dengan Fonduenya orang Swiss menggunakan aneka macam keju yang dilelehkan. Orang Swiss yang berbahasa perancis menyebutnya Fondue chinoise.

Seperti fonduenya orang Swiss, fonduenya orang Cina ini cara menyajikannya juga menggunakan semacam panci dengan alat pemanas diletakkan di tengah-tengah meja makan. Dulu menggunakan arang, tetapi saat ini menggunakan pemanas listrik  dan sendok jaring untuk mengambil makanan dari dalam kaldu. 

Hot pot atau chinesische Fondue ini praktis , sehat dan kebersamaan keluarga sambil menikmati hidangan yang menyenangkan. Sejak mulai menyiapkannya sampai pada menikmati hidangannya. 

Sejak anak-anak masih kecil-kecil kami sering mengidangkan hot pot ini terutama di musim dingin. Menyenangkan sekali karena seluruh keluarga ikut membantu menyiapkannya, baik suami atau anak-anak, jadi saya tidak sendirian sibuk di dapur. Mama saya bisa bantu apa?" dengan gembira anak-anak mulai mengiris-iris sayuran apa saja yang akan di hidangkan. Hampir semua sayuran bisa dihidangkan dengan hot pot,  aneka  jamur,udang, cumi-cumi, ikan,tahu dan daging.

1. Praktis, karena semua bahan mentah saat disajikan dan masing-masih menuangkan sendiri di kaldu apa yang disukai. Karena praktisnya, kadang kalau ada tamu dan saya tidak memiliki banyak waktu untuk memasak sebelumnya saya sering menghidangkan menu hot pot. Untuk teman-teman bule hot pot atau fonduenya orang asia ini sesuatu yang baru jadi menyenangkan untuk mereka , mencoba menu baru dan cara menikmati hidangan baru.

2, Sehat, karena semua sayuran, ikan, tahu dan daging direbus sebentar, sehingga vitamin-vitaminanya masih utuh tidak banyak hilang dan rasanya enak dan segar.

3. Mempererat kebersamaan keluarga, karena sejak dari menyiapkannya telah melibatkan seluruh anggota keluarga dan pada saat menikmatinya juga menyenangkan sekali sambil mencelupkan sayur-sayuran dan makanan lain dan menikmatinya saling bercerita pengalaman masing-masing. Hampir setiap malam tahun baru kami memilih hot pot sebagai menu tahun baru. Karena  sambil makan dan bercerita berlama-lama sampai tahun baru berganti.

Berikut ini resep hot pot yang biasa saya hidangkan baik untuk keluarga atau tamu-tamu kami.

Karena orang Jerman tidak suka pedas, saya memilih kaldu yang tidak pedas. 

Resep ini cukup untuk 6 orang dan memerlukan waktu 40 menit untuk menyiapkannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x