Mohon tunggu...
Theresia ReginaPujianto
Theresia ReginaPujianto Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Desain Interior Universitas Kristen Petra

Halo! Saya Regina di sini saya akan bagikan tips dan info seputar dunia desain dan seni

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

5 Tips Wajib dalam Mendesain Rumah untuk Lansia

30 November 2021   13:29 Diperbarui: 30 November 2021   13:48 42 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Aging Phenomenon atau yang lebih dikenal dengan fenomena penuaan merupakan salah satu fenomena yang sedang terjadi di berbagai negara di dunia termasuk Indonesia. 

Yes, kalian gak salah denger, fenomena ini terjadi karena piramida populasi terbalik, yang berarti tingkat kelahiran terus menurun selama bertahun-tahun, dan di saat yang bersamaan harapan hidup meningkat. Maksudnya apa sih? Jadi jumlah orang lanjut usia kian meningkat setiap tahunnya.

Andi Hanindito selaku Direktur Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia menyampaikan bahwa pada tahun 2018 terdapat 24,49 juta penduduk lanjut usia di Indonesia yang mencapai persentase 9,03%. Angka ini ternyata cukup tinggi guys, karena memiliki persentase di atas tujuh persen sehingga Indonesia dapat dikatakan berstruktur tua. 

Setelah kita memahami betapa besarnya populasi kaum lanjut usia di negara kita, ada baiknya kalau ikut berkontribusi dalam menjaga kesejahteraan hidup mereka. 

Hal yang dapat kita kontribusikan ke mereka salah satu satunya ialah memahami fasilitas tempat tinggal yang aman untuk mereka. Dengan memahami beberapa hal berikut, kita telah mengambil bagian dalam kesejahteraan kaum lansia. Pelajarin yuk tips-tips sederhana berikut!

1. Lantai Satu Tingkat

Siapa sih yang ga kehabisan nafas ketika naik turun tangga? Apalagi ketika aktivitas ini dilakukan beberapa kali dalam sehari. Tidak heran jika  hal ini membuat sendi lutut kita terasa lelah bahkan nyeri. 

Sudah pasti hal ini menghambat mobilitas kaum lansia bukan? Belum lagi jika mereka memerlukan kursi roda maupun tongkat untuk berjalan. 

Dengan demikian kondisi tempat tinggal yang paling ideal bagi kaum lansia adalah tempat tinggal yang tidak memiliki level lantai yang berbeda. Upaya ini akan sangat membantu mereka dalam menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa perlu khawatir akan keselamatan.

2.  Permukaan Lantai Anti Slip

Tak jarang bagi kita mendengar berita bahwa tetangga bahkan kerabat kita yang lanjut usia hampir terjatuh bahkan terluka akibat terpeleset. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan