Mohon tunggu...
Theodora Anindhita
Theodora Anindhita Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi mendengarkan musik dan menyanyi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi

2 Oktober 2022   14:36 Diperbarui: 2 Oktober 2022   14:38 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Theodora Anindhita

6112201130

Geladi yang saya ikuti adalah Geladi Hominisasi yang berlangsung pada 2 Oktober 2022. Sebelum mengikuti Geladi, tentu saja saya harus mengerjakan tugas pra Geladi yang berkaitan dengan keanekaragaman yang ada di Indonesia. Dalam tugas pra Geladi, saya memilih video tentang Kampung Naga. Di hari h Geladi, saya mengikuti rangkaian acara yang sudah disiapkan, mulai dari mengikuti games, hingga berdinamika dalam kelompok.

Setelah mengikuti rangkaian proses Geladi Hominisasi, saya sadar bahwa ternyata masih ada bagian di dalam diri saya yang perlu diasah lagi, salah satunya adalah public speaking. Saya bersyukur dengan mengikuti kegiatan Geladi ini saya mendapatkan zkesempatan untuk belajar bekerja sama dengan orang yang baru saya temui, dan belajar untuk berpikir secara logis.

Setelah mengikuti Geladi saya sadar bahwa diperlukan kemampuan untuk menggunakan logika dan Bahasa yang baik sebagai warga negara. Dalam bercakap dengan orang lain tentu kita harus memikirkan apa yang akan diucapkan, namun tidak dengan mentah mentah kita mengucapkan hal tersebut, kita harus menggunakan logika agar dapat mengucapkan kata-kata tersebut dengan baik.

Setelah mengikuti kegiatan Geladi ini saya mendapatkan manfaat yaitu berpikir dengan logis dalam menghadapi suatu permasalahan. Selain itu saya juga dilatih untuk dapat berkenalan dan menjalin kerja sama dengan orang baru. Ternyata untuk menjalin kerja sama bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Saya juga dilatih untuk bisa menyampaikan gagasan di depan umum, meski belum sempurna namun saya yakin jika diasah dengan baik kemampuan itu akan terus berkembang.

Kemampuan yang secara singkat saya pelajari di kegiatan Geladi tadi akan saya gunakan dalam kegiatan kuliah saya, terutama public speaking. Menurut saya public speaking adalah hal penting yang perlu dimiliki oleh setiap orang, saya akan belajar untuk bisa aktif di dalam kelas, dan Ketika diminta untuk memberikan pendapat saya bisa menyampaikan gagasan tersebut dengan pemikiran yang logis dan tutur kata yang benar. Cara meningkatkan kemampuan dalam berpikir tentu harus diasah juga, saya harus bisa meningkatkan cara berpikir saya, jangan langsung menyerap perkataan begitu saja, saya juga harus mempunyai pemikiran yang luas dan tidak tertutup. Untuk berbahasa yang baik sebagai warga negara, tentu harus dapat berucap dengan benar, tidak menyakiti pendengar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun