Mohon tunggu...
Ragu Theodolfi
Ragu Theodolfi Mohon Tunggu... Dosen - Penikmat seni, pencinta keindahan

Happiness never decreases by being shared

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Mari Jaga Hutan Kita untuk Orang Utan

3 Oktober 2021   09:32 Diperbarui: 3 Oktober 2021   09:34 196 21 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tangkapan layar ilustrasi orang utan (www.robertharding.com)

Tanggal 19 Agustus setiap tahun  diperingati sebagai Hari Orang Utan Internasional. Momentum ini adalah saat yang tepat bagi kita untuk sedikit mengenal lebih jauh tentang orang utan. 

Banyak fakta penting dan menarik tentang orang utan yang perlu untuk diketahui, karena orang utan adalah bagian penting dari sebuah ekosistem yang memiliki peran menjaga keseimbangan di dalamnya. Kehadiran orang utan membantu dalam penyebaran benih tumbuhan baik secara langsung ataupun melalui fesesnya.

Berbeda dengan jenis kera besar lainnya yang berasal dari Afrika, orang utan adalah satu-satunya kera besar yang ditemukan di Asia. 

Orangutan juga merupakan mamalia arboreal terbesar di dunia, artinya orang utan  memiliki kemampuan untuk hidup di pohon. 

Memiliki sifat yang mirip manusia, hampir 97% DNA orang utan menyerupai DNA manusia. 

Tiga spesies  orang utan ada di Indonesia

Sudah selayaknya Indonesia bangga, bahwa ada dua kepulauan besar di Indonesia menjadi 'rumah' bagi 3 spesies orang utan. 

Pulau Sumatera menjadi rumah bagi jenis orang utan Sumatra (Pongo abelii) dan orang utan Tapanuli (Pongo tapanuliensis) sedangkan Pulau Kalimanan menjadi rumah bagi orang utan Borneo (Pongo pygmaeus)

Orang utan Sumatera dapat dibedakan dari warna rambut yang lebih terang atau oranye dibandingkan dua spesies orang utan lainnya. Dulunya, orang utan Sumatera hidup di seluruh Sumatera dan bahkan ke Jawa, namun sekarang hanya ditemukan di utara Pulau Sumatera di Indonesia. 

Hingga saat ini jumlahnya sangat terbatas, kurang lebih 14.000 orang utan yang ada di alam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan