Mohon tunggu...
Anjas Permata
Anjas Permata Mohon Tunggu... Konsultan - The Architect

𝗠𝗮𝘀𝘁𝗲𝗿 𝗛𝘆𝗽𝗻𝗼𝘁𝗶𝘀𝘁, 𝗣𝗿𝗼𝗳𝗲𝘀𝘀𝗶𝗼𝗻𝗮𝗹 𝗖𝗼𝗮𝗰𝗵 𝗮𝗻𝗱 𝗧𝗿𝗮𝗶𝗻𝗲𝗿, 𝗣𝗿𝗼𝗳𝗲𝘀𝘀𝗶𝗼𝗻𝗮𝗹 𝗘𝘅𝗲𝗰𝘂𝘁𝗶𝘃𝗲, 𝗖𝗘𝗢 𝗥𝘂𝗺𝗮𝗵 𝗛𝗶𝗽𝗻𝗼𝘁𝗲𝗿𝗮𝗽𝗶, 𝗖𝗘𝗢 𝗣𝗲𝗿𝗺𝗮𝘁𝗮 𝗟𝗲𝗮𝗿𝗻𝗶𝗻𝗴 𝗚𝗿𝗼𝘂𝗽

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Mari Berbisnis dengan Tuhan

27 Juli 2022   01:26 Diperbarui: 27 Juli 2022   01:37 221 17 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: dokumentasi pribadi

"Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui" (Surat Al-Baqarah ayat 261)

Ayat diatas menjelaskan permisalan terkait balasan yang berlipat ganda bagi setiap orang yang membelanjakan harta di jalan Allah Swt (berinfak, beramal dan bersedekah). Sebuah janji luar biasa dari Sang Pencipta kepada umatnya yang tulus menginfakkan harta untuk ketaatan dan kebaikan.

Inilah wujud konsep matematika Tuhan yang seringkali tidak dapat dijelaskan secara akal logika. Pada level kesadaran manusia mungkin kita memahami bahwa "satu ditambah satu sama dengan dua", namun bagi Tuhan, satu itu sama dengan tujuh ratus.

Menariknya ketika saya coba mencari tahu jenis instrumen investasi apa yang bisa menyamai 700 kali lipat janji Tuhan pada satu kebaikan yang kita lakukan, sampai dengan sekarang belum ada yang mampu menandingi.

Di tahun 2021, para pakar ekonomi mengatakan bahwa instrumen investasi dengan return tertinggi masih dipegang oleh Saham. Selanjutnya disusul Obligasi, Emas, Properti hingga Reksadana. Selain itu masih banyak lagi jenis-jenis investasi seperti deposito, tabungan dan lain-lain.

Salah satu cara menghitung keuntungan investasi saham ialah dengan konsep Return of Investment (ROI). Misalkan Anda investasi saham sebesar 20 juta, kemudian hasil penjualan 27 juta, berarti Anda mendapatkan laba saham sebesar 7 juta, betul?

Dengan Rumus ROI (Hasil Penjualan-Modal) : Modal x 100%maka perhitungan ROI Anda adalah sebagai berikut:

(27 juta - 20 juta) : 20 juta x 100%

(7 juta : 20 juta) x 100

0,35 x 100 = 35%

Sehingga ROI Anda berdasarkan ilustrasi diatas adalah sebesar 35%. Keuntungan ini bisa jadi lebih besar tergantung bagaimana strategi Anda dalam menggerakkan uang di pasar modal misalnya dengan melihat prospek perusahaan, mencermati tren ekonomi, kebijakan pemerintah, suhu politik dan sebagainya.

Dengan kata lain banyak sekali kemungkinan-kemungkinan terjadi yang bisa dihitung apabila Anda menginginkan ROI yang sebesar-besarnya. Inilah wujud matematika manusia yang dapat diprediksi dan dikalkulasi.

Belum lagi soal risiko, karena prinsip investasi mengatakan bahwa "High Risk, High Return" artinya semakin tinggi peluang laba, maka semakin tinggi pula risikonya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan