Mohon tunggu...
Anjas Permata
Anjas Permata Mohon Tunggu... Konsultan - The Architect

Professional Executive, Master Hypnotist, Professional Hypnotherapist, Blogger, Professional Mind Technology, Keynote Speaker, CEO 'Rumah Hipnoterapi' and Founder Hypnotic Empowerment

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Tip Meningkatkan Rasa Percaya Diri saat Presentasi

20 Juli 2021   11:35 Diperbarui: 20 Juli 2021   12:11 202 21 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tip Meningkatkan Rasa Percaya Diri saat Presentasi
Sumber: KPI Consultancy

Faktanya melakukan presentasi di hadapan banyak orang bisa saja menimbulkan kecemasan. Takut tidak bisa menyampaikan dengan baik, takut tidak bisa menjawab pertanyaan hingga tidak percaya diri ialah sederet kondisi yang seringkali menghantui.

Membangun rasa percaya diri sangat penting bagi kita. Selain dapat memberi self image (citra diri) yang baik, rasa percaya diri juga berguna dalam membangun relasi.

Jika tidak percaya diri, bagaimana orang lain bisa percaya terhadap Anda? terhadap bisnis yang Anda dirikan, atau terhadap hal-hal yang sedang Anda bangun, kontradiktif bukan?

(Baca: Lima Caraku dalam Membangun Personal Branding)

Rasa percaya diri bukan sebuah hal yang sulit untuk dibentuk. Kepercayaan diri akan tumbuh dan berkembang melalui proses berkelanjutan.

Ketika mempunyai kepercayaan diri yang cukup, maka Anda akan menjadi pribadi yang menarik dan atraktif. Demikian pula saat melakukan presentasi, rasa percaya diri merupakan salah satu faktor nonteknis yang dibutuhkan setiap pembicara.

Berikut ini beberapa tips meningkatkan rasa percaya diri saat presentasi

Menguasai Materi

Sumber: Detik
Sumber: Detik

Sebelum melakukan presentasi, Anda harus menguasai materi yang akan disampaikan. Hal ini penting agar saat presentasi, Anda jauh lebih percaya diri. Anda harus menjadi ahli atau master dari materi presentasi.

Cara paling efektif untuk menguasai materi adalah dengan mempelajari dan mendalami berbagai hal seputar topik presentasi Anda. Gunakan 5 whys analysis untuk mempertajam pengetahuan. Dengan menguasai materi, Anda tidak perlu lagi khawatir ketika ditanya oleh panelis atau peserta.

Menyiapkan Presentasi

Sumber: Pikiran Rakyat
Sumber: Pikiran Rakyat

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN