Mohon tunggu...
Anjas Permata
Anjas Permata Mohon Tunggu... The Architect

Professional Executive, Hypnotist, Hypnotherapist, Blogger, Practitioner Mind Technology, Keynote Speaker, CEO 'Rumah Hipnoterapi' and Founder Hypnotic Self Empowerment (HSE)

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

Belanja Bisa Bikin Bahagia, Larangan Mudik Tidak Masalah

7 Mei 2021   23:56 Diperbarui: 8 Mei 2021   00:21 348 14 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belanja Bisa Bikin Bahagia, Larangan Mudik Tidak Masalah
ilustrasi wanita belanja|https://www.pastisania.com/assets

Kalau kamu tanya kepada sebagian besar wanita, hal apa yang bisa membuat mereka bahagia? salah satu jawabannya adalah belanja.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Michigan menyebutkan bahwa belanja ternyata bisa menjadi salah satu terapi untuk menurunkan rasa sedih dan stres.

Bahkan uniknya hal itu tidak hanya dialami oleh wanita, namun juga kaum pria. Belanja bisa membuat suasana hati menjadi lebih positif dan bahagia.

Ratusan responden dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa 62% orang belanja untuk menghibur diri sedangkan sisanya 28% melakukan aktivitas belanja untuk merayakan kesuksesan.

Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Well.. manusia adalah makhluk sosial yang kompleks. Beragam respon diri bisa saja terjadi manakala ia dihadapkan pada sebuah situasi.

Respon diri dipengaruhi oleh bermacam-macam perubahan hormon yang dimiliki. Salah satu hormon yang sangat mempengaruhi mood seorang manusia adalah hormon dopamin.

Hormon kebahagiaan ini akan muncul saat seseorang telah melakukan aktivitas atau mendapatkan sesuatu yang menyenangkan. Misalnya saat kamu menjalankan hobi, mendapatkan hadiah undian dan makan makanan favorit.

Kembali pada penelitian diatas. Saat seseorang berbelanja sebenarnya dia telah menggabungkan 2 hal yaitu melakukan aktivitas dan mendapatkan sesuatu. Menghadiahi diri sendiri atau self reward dengan berbelanja ternyata mampu memunculkan hormon dopamin 40x lipat.

Wow luar biasa bukan.

belanja online menyambut lebaran. sumber dokpri
belanja online menyambut lebaran. sumber dokpri
HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN