Mohon tunggu...
Thea Geneveva
Thea Geneveva Mohon Tunggu... All it takes is faith and trust

Mahasiswi Magister Manajemen Universitas Tanjungpura Pontianak

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Empat Hal yang Harus Kamu Lakukan untuk Mencapai Mimpi!

22 Oktober 2019   10:55 Diperbarui: 22 Oktober 2019   12:17 0 1 0 Mohon Tunggu...

Mungkin ada sebagian orang yang mengartikan bahwa menjadi produktif itu adalah dengan memiliki kegiatan atau pekerjaan yang super sibuk dengan waktu yang relatif lebih lama. Bener gak sih? Tapi, ada juga yang mengatakan bahwa yang menjadi produktif adalah mereka yang bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk menghasilkan tujuan yang ingin dicapai. Yuk, kita cek! 

Menurut Wahab (2012:5) "Produktivitas secara sederhana dapat diartikan sebagai rasio antar keluaran (output) yang dihasilkan dengan beberapa masukan (input) sebagai upaya dalam menghasilkan keluaran. Produktivitas mengandung dua unsur pengertian, yaitu:

1. Mengupayakan peningkatan semaksimal mungkin manfaat dari output yang dihasilkan.

2. Melihat peningkatan effesiensi pemakaian input dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Produktivitas adalah perbandingan antara hasil dari suatu pekerjaan dengan pengorbanan yang telah dikeluarkan (Siagian, 2002).

Lalu, apa bedanya dengan Produktif? Kata "produktif" sendiri berasal dari Bahasa Inggris yaitu "product" yang memiliki arti "hasil". Setelah itu dikembangan lagi menjadi kata "productive" yang berarti "menghasilkan". Jadi secara umum produktif berarti sebuah kegiatan yang menghasilkan sesuatu, contohnya barang, dsb. Selanjutnya, menurut KBBI, produktif adalah sesuatu hal yang bersifat mampu dalam menghasilkan sesuatu dalam jumlah yang besar, contoh :

1. Pabrik itu dapat menghasilkan 1000 kertas per hari (berarti pabrik tersebut adalah pabrik yang produktif).

2. Toko Kue itu dapat membuat kue 800 loyang dalam 1 hari (toko kue tersebut adalah toko kue yang produktif)

Jadi secara garis besar, produktif berarti mampu menghasilkan sesuatu dalam jumlah yang besar. Dan perlu diingat, penekanan produktif adalah dalam jumlah, jadi jika menghasilkannya sedikit, maka hal tersebut belum bisa dikatakan produktif.

Terus gimana caranya biar kita bisa produktif? Setiap orang pasti punya target dalam hidupnya, entah itu target cepat selesai sekolah, cepat selesai kuliah, cepat dapat kerja, cepat nikah, dsb. Pada dasarnya, manusia itu diciptakan dengan bakat dan kemampuannya masing-masing. Pernah gak memimpikan sesuatu yang mustahil? Sebenarnya, kalau kita yakin dan berusaha, hal yang mustahil bisa terwujud. Beberapa tips untuk kamu biar bisa mewujudkan mimpi-mimpi :

1. Harus benar-benar gigih untuk mencapai hasil yang diinginkan. Tanya pada diri sendiri, apa yang ingin saya lakukan? Apa yang ingin saya hasilkan dan ciptakan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x