Mohon tunggu...
thariqa rahma
thariqa rahma Mohon Tunggu... write something

Hei, love yourself!

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tingkatkan Kegiatan Literasi, Mahasiswa KKN UNIPMA Buka Taman Baca di Desa Kediren, Magetan

26 Maret 2020   23:25 Diperbarui: 26 Maret 2020   23:55 24 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tingkatkan Kegiatan Literasi, Mahasiswa KKN UNIPMA Buka Taman Baca di Desa Kediren, Magetan
Pengesahan Taman Baca di Desa Kediren oleh Kepala Desa dan Dosen Pembimbing Lapangan

Membaca merupakan jendela dunia. Dengan itu, demi meningkatnya minat baca di Desa Kediren, Magetan, mahasiswa KKN UNIPMA menciptakan sebuah inovasi yaitu dengan membuka Taman Baca Kinanti yang bertujuan agar anak-anak yang mengeyam pendidikan di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di desa Kediren, mampu bersaing dengan anak-anak lain di seluruh desa di wilayah kabupaten Magetan ini.

Letak taman baca ini sangat strategis yaitu di Kantor Balai Desa Kediren. “Taman Baca yang berada di kantor balai desa ini agar memudahkan akses literasi lebih mudah dijangkau. Sehingga masyarakat mempunyai alternatif sumber bacaan yang lebih bisa dipertanggungjawabkan dibandingkan dengan menggunakan handphone atau gadget,” ujar Septiva selaku ketua KKN di desa tersebut.

Taman Baca Kinanti ini di buka pada tanggal 5 Maret 2020 yang dihadiri seluruh perangkat desa, dosen pembimbing lapangan, dan kepala sekolah seluruh SD dan MI yang ada pada desa Kediren, tentunya dengan beberapa perwakilan murid dari masing-masing SD dan MI tersebut. Dengan mendatangkan kepala sekolah dan perwakilan murid dari masing-masing SD dan MI tersebut diharapkan dapat menyebarluaskan sebuah informasi tentang adanya taman baca ini sebagai wadah untuk belajar.

Pembuatan taman baca ini mendapat penilaian positif dari warga masyarakat dan perangkat desa setempat. Kepala Desa Kediren, Dwi Harisusanto mengatakan bahwa kehadiran mahasiswa KKN UNIPMA ini sangat membantu pembangunan desa, gerakan nyata salah satunya seperti perwujudan taman baca ini.

VIDEO PILIHAN