Mohon tunggu...
Thania AudriaRadina
Thania AudriaRadina Mohon Tunggu... -

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Peran Mahasiswa KKN Undip Kepada Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19

12 Agustus 2020   22:18 Diperbarui: 12 Agustus 2020   22:15 39 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peran Mahasiswa KKN Undip Kepada Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19
img20200724171428-5f3401d3097f3621f2263752.jpg

Surakarta, pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro Tim II Periode 2020 dilaksanakan secara mandiri di lingkungan rumah masing-masing mahasiswa KKN, dikarenakan saat ini sedang dalam masa pandemi covid-19. Di tengah pandemi seperti ini masyarakat diharuskan untuk mentaati protokol kesehatan dalam pencegahan covid-19 yang dikeluarkan oleh pemerintah. Namun pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang tidak mematuhi aturan dari pemerintah tersebut. Hal ini mendorong mahasiswa yang bernama Thania Audria Radina dari Fakultas Hukum selaku Mahasiswa KKN UNDIP Tim II 2020 yang sedang menjalani KKN di Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta untuk membantu pemerintah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dengan membagikan masker dan hand sanitizer kepada masyarakat dan anak-anak. Tidak hanya itu, dilakukan pula sosialisasi mengenai Peralihan Hak Atas Tanah Karena Pewarisan kepada warga Kelurahan Sondakan.

Jumat, 24 Juli 2020, telah dilaksanakan pembagian masker dan hand sanitizer kepada masyarakat dan anak-anak di lingkungan Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta. Adapun beberapa faktor yang menyebabkan masyarakat tidak menggunakan masker, salah satunya karena tidak memiliki masker dan masih menganggap remeh penggunaan masker. Diharapkan setelah kegiatan pembagian masker ini dilakukan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan masker dan tetap menjaga kebersihan tangan dengan menggunakan hand sanitizer agar memutus rantai penularan terhadap covid-19. Tidak hanya itu, ditengah pembagian masker dan hand sanitizer dilakukan pula edukasi mengenai Tips Dalam Membuang Masker sekali pakai, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam membuang masker sekali pakai, agar nantinya masker yang telah digunakan tersebut dapat terbuang dengan baik dan tidak di salahgunakan oleh orang lain.

img-20200811-194352-5f340110d541df1fdb715d85.jpg
img-20200811-194352-5f340110d541df1fdb715d85.jpg
Jumat, 7 Agustus 2020, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro melaksanakan sosialisasi terkait edukasi mengenai Peralihan Hak Atas Tanah Karena Pewarisan kepada warga Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarata. Sosialisasi kali ini dilaksanakan secara door to door, hal ini untuk menghindari adanya kerumunan. Pada saat sosialisasi, warga yang dikunjungi akan diberikan semacam buku saku yang berisikan bahan materi yang berkaitan mengenai Peralihan Hak Atas Tanah Karena Pewarisan. Dikarenakan adanya beberapa warga yang memperoleh tanah nya karena pewarisan, yang mana mereka belum membalik nama sertipikatnya, sehingga nama di sertipikat masih atas nama orang tua nya yang sudah meninggal. Hal ini terjadi karena beberapa faktor dan merupakan hal yang sangat riskan, maka dengan adanya sosialisasi ini akan dijelaskan mengenai tujuan serta penting nya dilakukan balik nama, serta dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan untuk melakukan balik nama dan lain sebagainya. Maka dengan dilaksanakan nya sosialisasi ini diharapkan penjelasan yang diberikan dapat membantu warga dalam menyelesaikan permasalahannya, serta memberikan informasi lebih kepada warga dan meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya membalik nama sertipikat. Hal ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan datang di kemudian hari.

Reporter : Thania Audria Radina

Dosen Pembimbing : Bp. Faik Kurohman, S.Pi., M.Si.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x