Mohon tunggu...
Thamrin Dahlan
Thamrin Dahlan Mohon Tunggu... Guru - Saya seorang Purnawirawan Polri. Saat ini aktif memberikan kuliah. Profesi Jurnalis, Penulis produktif telah menerbitkan 24 buku. Organisasi ILUNI Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Mott Menulis Sharing, connecting on rainbow. Pena Sehat Pena Kawan Pena Saran

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Begini Cara Mengajak Mahasiswa Menulis

1 Desember 2021   20:48 Diperbarui: 2 Desember 2021   05:59 159 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dokumen YPTD : Website Penerbit Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD) terbitkanbukugratis.id

Begini Cara Mengajak Mahasiswa Menulis

Catatan Thamrin Dahlan

Apabila sahabat memperhatikan website YPTD terbitkanbukugratis.id akhir akhir ini maka akan terlihat sedemikian banyak posting Mahasiswa.

108 Mahasiswa Akademi Perawat Polri Kramatajati Jakarta Timur Posting tugas kuliah. Sebagai Penulis dan juga Dosen saya menggunakan kesempatan proses belajar mengajar sekaligus mengajak Mahasiswa mengenal dan melakukan kegiatan nyata Literasi.

Semester 1 Tahun Ajaran 2021 - 2022 saya memberikan Mata Kuliah Pancasila dan Kewarganegaraan. Sesuai silabus pertemuan jarak jauh dilaksanakan sebanyak 14 kali Jeda Ujian Tengah Semester (UTS) setelah 7 kali pertemuan kemdian diakhiri Ujian Akhir Semester (UAS).

Mahasiswa Akper Polri Angkatan 28 berjumlah 108 orang dari berbagai daerah dan sekola. Mereka lulus test masuk dan selanjutnya mengikuti Agenda Pengenalan kampus secara daring selama 3 hari.

Selasa dan Rabu merupakan jadwal kuliah Pancasila dan KWN menggunakan fasilitas link zoom meeting. Tentu saja hal ini dilakukan bersebab pandemi covid 19. Larangan diadakan pembelajaran tatap muka.

Tugas mahasiswa Posting Topik Suka Duka Kuliah Daring (Jarak jauh) merupakan tulisan Mahasiswa yang ke -3. Sebelumnya mereka menulis tentang Cita - cita dan Butir Butir Pancasila. Dengan demikian setiap mahasiswa telah memiliki 3 artikel di website Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD)

Selain itu ada tugas kelompok membaca Puisi Pancasila dan membaca Cerpen. Alhamdulillah semua mahasiswa mampu mengerjakan tugas tugas tersebut walaupun mereka belum saling mengenal secara fisik. Tugas membaca Puisi dan membaca cerpen diabadikan dalam bentuk rekaman video di upload di Channel YPTD Youtube.com

Begini Cara saya mengajak mahasiswa menulis sebagai bagian terpenting setelah membaca buku. Kaum mileneal terutama Mahasiswa selaiknya kita beri semangat untuk melakukan kegiatan Literasi. Itulah sebabnya saya menggyunakan kesempatan pembelajaran ini dengan memberikan tugas menulis.

Menulis di website tentu berbeda dengan di blog pribadi. Pasalnya posting di website terbitkanbukugratis.id mempunyai nilai tambah yaitu karya mahasiswa terekam abadi di internet atau google.com. Saya menghimbau mahasiswa terus menulis baik berupa liputan, opini maupun fiksi seperti Puisi, Cerpen, Pantun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan