Mohon tunggu...
Thamrin Dahlan
Thamrin Dahlan Mohon Tunggu... Saya seorang Purnawirawan Polri. Saat ini aktif memberikan kuliah. Profesi Jurnalis, Penulis produktif telah menerbitkan 24 buku. Organisasi ILUNI Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Mott Menulis Sharing, connecting on rainbow. Pena Sehat Pena Kawan Pena Saran

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Pelatihan Olah Nafas untuk Penguatan Imun Pasien Covid 19

3 Juni 2020   17:17 Diperbarui: 3 Juni 2020   20:13 107 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelatihan Olah Nafas untuk Penguatan Imun Pasien Covid 19
dok. rommy sebasstian

Berbagai upaya dilakukan Komunitas Kesehatan kepada pasien covid 19 dalam rangka memberikan pengobatan dan perawatan terbaik. Satu hal yang sama adalah semangat tinggi pantang menyerah dokter dan perawat serta petugas kesehatan lainnya.  Walaupun mereka ber-resiko (high risk) tertular virus corona. 

Medis dan Para Medis berada digarda terdepan penanganan covid 19 tentu saja wajib memproteksi diri.  Cara melindungi diri sendiri terutama memakai Alat Pelidung Diri (APD) berkualitas serta mematuhi Standard Operasional Procedure ketika berinteraksi dengan pasien.  Inilah sikap profesional yang patut mendapat apresiasi dari segala pihak.

Selain upaya pencegahan tertular covid 19 dengan memakai masker, menjaga jarak dan cuci tangan pakai sabun perlu juga dilakukan upaya meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Rumah Sakit  Bhayangkara Wahyu Tetuko  Bojonegoro yaitu memberikan pelatihan penguatan imun tubuh melalui olah nafas PPS Merpati Putih untuk pasien Covid19 dengan SWAB positif.

Tujuan pelatihan untuk meningkatkan imunitas tubuh pasien Covid19. Pelaksanaan dilakukan setiap pagi hari selama pasien berada di Ruang Isolasi RSB Wahyu Tetuko dengan memperhatikan protokol Covid19.

dok. rommy sebasstian
dok. rommy sebasstian
https://www.facebook.com/thamrin.dahlan/videos/10158603368189884/

Komisaris Polisi Dr. dr. Rommy Sebastian Koto M.Kes Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Wahyu Tetuko Bojonegoro menjelaskan  pelatihan penguatan imun tubuh melalui olah nafas PPS Merpati Putih untuk pasien Covid19 dengan SWAB positif. Inovasi dan kreasi pelatihan olah pernafasan dilakukan pada proses  perawatan terhadap para pasien yang diindikasikan terpapar  Covid-19 yang sedang dalam perawatan di rumah sakit

Seperti diberitakan beritabojonegoro.com Selasa (02/06/2020) pagi bertempat di Rooftoop Lantai 3, tampak beberapa pasien dengan dipandu langsung oleh Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Wahyu Tetuko  dan dibantu 2 orang pelatih dari Perguruan Pencak Silat Bela Diri Tangan Kosong(PPS Betako) Merpati Putih Cabang Bojonegoro, memberikan terapi latihan pernafasan bagi beberapa pasien Covid-19.

Menurut dr Rommy Sebastian, manfaat terapi latihan pernafasan tersebut antara lain untuk meningkatkan imunitas tubuh pasien dan dapat memperbaiki serta memproduksi sel-sel tubuh.

dok. rommy sebasstian
dok. rommy sebasstian
"Di samping itu dengan olah nafas, ritme dan nafas kering akan mampu meningkatkan unsur basa dari dalam tubuh, sehingga akan menekan berkembangnya virus, serta akan memacu paru-paru untuk memompa dan menghasilkan oksigen dalam jumlah besar, yang akan menekan perkembangan virus corona," kata dr Rommy Sebastian.

Lebih lanjut Dr dr Rommy Sebastian yang juga selaku anggota PPS Betako Merpati Putih menyampaikan bahwa terapi tersebut sudah dilakukan selama 4 hari dan akan berlangsung sampai 7 hari.

"Semoga dengan terapi tersebut Pasien Covid- 19 yang sedang kami rawat bisa meningkat imunitasnya dan juga dalam swab (PCR) berikutnya hasilnya sudah negatif," 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x