Mohon tunggu...
Thamrin Dahlan
Thamrin Dahlan Mohon Tunggu... Saya seorang Purnawirawan Polri. Saat ini aktif memberikan kuliah. Profesi Jurnalis, Penulis produktif telah menerbitkan 24 buku. Organisasi ILUNI Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Mott Menulis Sharing, connecting on rainbow. Pena Sehat Pena Kawan Pena Saran

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Begini Rasanya Menjadi Event Organizer

3 Desember 2019   07:55 Diperbarui: 3 Desember 2019   08:10 0 0 0 Mohon Tunggu...

Anda ada waktu ? Inilah pertanyaan pertama yang awak ajukan kepada sobat penulis khususnya kompasianer terkait Undangan Deputi Pencegahan Badan Narkotika Nasional (BNN). Kerjasama dengan BNN tempat awak pernah mengabdi terus berlangsung dalam kapasitas penulis. Untuk kesekian kali mengorganisir kompasianer berkontribusi pada kegiatan BNN.

Undangan menghadiri Focus Group Discussion (FGD) pada hari Selasa 3 Desember 2019 diterima dari Staf Deputi Cegah Mbak Nur yang isinya mengundang 15 kompasianer hadir di acara yang akan diselenggarakan di Hotel Fave Pusat Grosir Cililitan (PGC) Jakarta Timur.

Anda ada waktu ? komunikasi melalui Whats App guna memastikan apakah sobat kompasianer bisa hadir sembari melampirkan undang resmi BNN. Mekanisme menjaring sobat penulis memang demikian adanya bersebab mereka masing masing sudah memiliki kesibukan terjadwal.

Dari beberapa teman dihubungi ada yang mengucapkan terima kasih dan mohon maaf tidak bisa mengikuti FGD karena ada kegiatan di waktu yang sama. Sedangkan sobat yang kebetulan memiliki waktu luang menyatakan bersedia hadir dengan ucapan terima kasih pula sudah dihubungi.

Jadi inilah pekerjaan seorang Event Organizer (EO) kecil kecilan yang awak lakukan dalam upaya memenuhi undangan BNN. Untunglah pekerjaan EO sangat terbantu oleh sistem komunikasi canggih saat ini. Disamping itu perlu bantuan teman ketika tidak memiliki nomr kontak sahabat yang perlu diundang guna memenuhi 15 kuota peserta FGD.

Alahmdulillah dalam waktu yang sangat singkat sekitar 4 jam saja jumlah peserta sudah terpenuhi. Guna memudahkan media komunikasi antar pesrta kami bersepakat membuat Whats App Group (WAG). Inilah sarana komunikasi sebagai komitment bersama anatar penulis mengingat kehadiran di acara sangat dibutuhkan penyelenggara. 

Kelebihan dari jurnalis ketika menghadiri satu event adalah kontiribusi dalam memberitakan kegiatan yang diikuti dalam bentuk reportase. Reportasi di tayangkan di kompasiana.com atau media lainnya sebagai bentuk tanggung jawab seorang penulis profesional.

Sesungguhnya satu Instirusi yang melakuakn event sangat beruntung mengundang pata penuils. Keuntungan ganda sangat beralasan bersebab para penulis memiliki 2 sayap. Dengan sayapnya itu mereka dapat terbang kemana mana dalam artian ilmu pengetahuan yang mereka terima bukan saja untuk dirinya sendiri tetapi bisa diterbarkan atau diberitakan ke masyarakat lain melalui sosial media.

Pekerjaan sebagai event organizer kecil kecilan merupakan tantangan. Perlu ketelitian, kesabaran dan lintas jaringan serta berbagai pihak terkait dalam kerjasama solid agar penyelenggaraan event sukses.

Demikian secarik cerita pekerjaan seorang penulis gaek yang mendapat keberkahan setelah bergabung 9 tahun lebih dengan dunia baru yang sangat menggairahkan yaitu dunia jurnalis. Badan boleh rapuh namun jiwa tetap muda bersemangat mengingat niat berbagi kepada sesama itu bisa di dawamkan di media ini. Terima kasih.

Salamsalaman
TD.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x