Mohon tunggu...
Thamrin Dahlan
Thamrin Dahlan Mohon Tunggu... Saya seorang Purnawirawan Polri. Saat ini aktif memberikan kuliah. Profesi Jurnalis, Penulis produktif telah menerbitkan 20 buku. Organisasi ILUNI Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Mott Menulis Sharing, connecting on rainbow. Pena Sehat Pena Saran Pena Kawan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kosentrasi Terbitkan Buku Kenangan

18 September 2019   21:14 Diperbarui: 19 September 2019   17:01 0 4 1 Mohon Tunggu...
Kosentrasi Terbitkan Buku Kenangan
dokpri

Bermula dari liputan reuni ke reuni dari berbagai komunitas sehingga  timbul inspirasi mengumpulkan tulisan itu untuk menerbitkan buku kenangan. Ceritanya begini. Ketika menggagas reuni Alumni Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Angkatan (FKM UI) 1990 kami mengumpulkan foto foto ketika kuliah. Kebetulann saat itu saya sedang menyiapkan buku Bunga Rampai 22.

Ternyata gayung bersambut.  Serta merta sahabat Alumni mengirim foto kenangan dari album album tua.  Disamping itu teman teman mengirim juga tulisan terkait suka duka selama kuliah. 

 Jumlah tulisan dan foto mencapai 30 halaman. Nah dari sinilah timbul ide kenapa tidak dijadikan buku kenangan saja..  Apabila  tulisan yang cukup banyak itu dimasukkan dalam buku bunga rampai sepertinya tidak tidak pas lagi mengingat setiap artikel bisanya tidak lebih dari 3-4 halaman. .

Oleh karena itu setelah reuni terlaksana pada hari Sabtu, 14 Spetember 2019 di Kampus FKM UI Depok kami bersepakat menerbitkan buku.  Inilah buku spesial yang isinya berkaitan dengan pengalaman selama kuliah. Bisa juga ditambahkan apa yang terjadi setelah wisuda.  Artinya perjalanan karier sampai pensiun kenapa tidak di dokumentasikan abadi dalam buku.

dokpri
dokpri
Buku kenangan tentu harus memuat tulisan semua Alumni. Tentu saja harus ada batas waktu sehingga buku tersebut benar benar terwujud dan tertbit.  Disepakati pada reuni kedua pada bulan Januari 2020 buku sudah bisa dibagi bagi kan kepada Alumni.  Dengan denikian disusunlah jadwal perencanaan menerbitkan buku.

September sampai Oktober 2019 merupakan kesempatan teman teman mengirim naskah.  Alangkah baiknya apabila disertai juga dengan dokumentasi foto. Ketika setiap alumni berkontribusi tulisan maka diharapkan buku cukup tebal sekitas 200 halaman. Proses kedua bulan November 2019 panitia kecil akan mengedit tulisan sekalian menyusun tata letak serta menetapkan cover buku.

Finalisasi dari kegiatan menerbitkan buku kenangan Alumni FKM UI 90 adalah mengurus International Standard Book Number (ISBN). Alhamdulillah ISBN bisa di fasilitasi oleh Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan.  Sedangkan proses cetak buku akan dikerjakan oleh Buring Offset di kawasan Jalan Margonda Depok.  Inilah percetakan langganan dengan kualitas cetakan buku bisa diandalkan.

dokpri
dokpri
InshaAllah Bulan januari 2020 buku siap dibaca  teman teman ketika Reuni di Tawangmanggu sesuai rencana dan kesepakatann bersama.  Tentu saja sukses atau tidak rencana penerbitan buku sangat bergantung pada komitment Alumni.  Sementara sudah 5 teman mengirim kisah nyata pengalaman selama kuliah. Artinya panitia kecil atau editor harus agak cerewet sedikit agar skedul penerbitan bisa berjalan sesuai rencana.

Selain Buku Kenangan Alumni FKM UI 90,  dari komunitas Alumni Akademi Perawat Depkes Palembang Angkatan 4 tahun 1975 juga akan menerbitkan buku. Tentu saja prosesnya sama dimana pada reuni Januari 2020 di kediaman sedulur Taslim Wajir buku sudah terbit. Alhamdulillah sedulur wong kito galo sangat bersemangat sampai sampai mengirim tulisan berhalaman halaman. Terima kasih .

Teringat pula cita cita sahabat Abituren Sepawamil ABRI 80 untuk mendokumentasikan kisah separuh hidup menjadi Tentara dan Polisi. Materi Isi buku kenangan tentu sudah lebih dari cukup seiring denga seringnya Reuni.  Kami yakin buku ini juga bisa dibagi bagikan pada reuni tahun 2020 sebagai kenangan tak terlupakan bagaimana hidup dan kehidupan sebagai abdi negara.

dokpri
dokpri
Disamping itu kami dari keluarga Petokayo bersepakat juga menerbitkan Buku Kenangan atau auto biografi Bundo Kanduang. Beliau wafat pada hari Rabu, 4 September 2019 di Bogor. Buku ini berisikan perjalanan hidup Uni Husna Darwis, SH binti H Dahlan. Anak kemenakan yang pernah tinggal bersama di kediaman Almarhumah Uni Husna tentu sudah menyiapkan tulisan mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x