Mohon tunggu...
Thamrin Dahlan
Thamrin Dahlan Mohon Tunggu... Guru - Saya seorang Purnawirawan Polri. Saat ini aktif memberikan kuliah. Profesi Jurnalis, Penulis produktif telah menerbitkan 24 buku. Organisasi ILUNI Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Mott Menulis Sharing, connecting on rainbow. Pena Sehat Pena Kawan Pena Saran

Selanjutnya

Tutup

Tebar Hikmah Ramadan Pilihan

[Ramadan 16] Ustaz Adiwarman Azwar Karim Bagi-bagi Duit Ketika Ceramah

22 Mei 2019   16:02 Diperbarui: 22 Mei 2019   17:15 143 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
[Ramadan 16] Ustaz Adiwarman Azwar Karim Bagi-bagi Duit Ketika Ceramah
tangkapan gambar youtube/kampus ugm

dokumentasi Gama

  • Asam Sulfat zat kimia
  • Pelebur besi ibarat ragi
  • Emas Perak harta dunia
  • Qalbun Salim harta abadi

Seperti diuraikann dalam web Fetullah Gulen kosa kata salîm berasal dari verba salima (selamat). Artinya, ia memiliki akar kata yang sama dengan kata Islam. Secara bahasa, qalb salîm adalah hati yang selamat dari penyakit atau kerusakan apa pun. Adapun pengertian khususnya adalah hati yang tidak mengenal selain Islam.

Istilah “qalb salîm” terdapat dalam Al-Quran di dua tempat. Keduanya terkait dengan Ibrahim a.s. Beliau sangat terenyuh melihat penyimpangan dan kesesatan kaumnya, terutama melihat kondisi ayahnya, Azar. Perhatian beliau kepada sang ayah adalah sesuatu yang alami dan fitri, karena setiap manusia dalam fitrahnya memiliki rasa cinta dan perhatian kepada keluarga dan kerabat. 

Rasa cinta semakin bertambah apabila orang itu sangat dekat dengan dirinya. Tidak ada anak saleh yang rela melihat kesesatan dan penyimpangan orangtuanya. Ia tentu akan sangat sedih. Terlebih lagi, jika ia memiliki jiwa yang peka seperti Ibrahim a.s. yang termasuk nabi besar. Karena itulah, Ibrahim a.s. sangat sedih dengan kondisi ayahnya.

Ada berita mengejutkan di bulan Ramadhan khususnya pada hari ke 16.  Berita tersebut berasal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan hasil perhitungan suara.  Paslon Jokowi Maruf mendapat 55.50 % Prabowo Sandi memperoleh suara 44.50 %.

Jadwal pengumuman itu jauh jauh hari telah ditetapkan pada tanggal 22 Mei 2019.  Namun ternyata pengumuman di sampaikan ke khalayak satu hari sebelumnya.  Malah agak aneh juga di umumkan pada pukul 02.00 WIB.

Entahlah apa yang menjadi sebab musabab  sehingga peristiwa yang ditunggu tunggu seluruh rakyat itu disyiarkan ketika warga terlelap tidur. Bukan soal yang  menang siapa yang kalah siapa tetapi tindakan KPU ini sungguh sangat aneh di luar kebiasaan.

Ya sudahlah tidak usyah dibahas lebih dalam di bulan puasa ini guna menghindari syak wasangka.  Biarlah nanti sejarah Republik Indonesia yang menjelaskan di kemudian hari tentang kejadian aneh bin ajaib ini.  Kita kosentrasi saja beramal ibadah jangan pula pahala ramadhan rusak karena soal politik praktis.

21 Mei 2019 merupakan hari lahir ananda Rendithya Ramdan Fikri dan Cucunda Alzam bin Adithya Husada.  Allah SWT telah mentakdirkan milad paman dan kemenakan pada hari yang sama.  Inilah hari bahagia bagi kami keluarga besar Haji Thamrin Dahlan dan Hajjah Enida Busri.

Seperti biasa kami mengucapkan selamat dalam bentuk kalimat Yaumul Milad Ananda Rendithya Ramdan Fikri. Barakallahu Fii Umrik Amin Ya Rabbal Alamin.  Dengan ucapan sama untuk Alzam berusia 3 tahun.  Insha Allah wujud rasa syukur akan kami rayakan pada hari Sabtu 26 Mei 2019.

Satu lagi berita yang perlu disampaikan disini adalah tentang tausyah seorang pendakwah.  Awak hendak menyebut sebagai seorang Ustazd bersebab jelas benar nama Ir. Adiwarman Azwar Karim, M.B.A., M.A.E.P - Pakar Ekonomi Islam.  . Video awak terima di whats app group Ikatan Keluarga Lubuk Jantan kirimnan Uda Amril.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN