Mohon tunggu...
Thamrin Dahlan
Thamrin Dahlan Mohon Tunggu... Saya seorang Purnawirawan Polri. Saat ini aktif memberikan kuliah. Profesi Jurnalis, Penulis produktif telah menerbitkan 20 buku. Organisasi ILUNI Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Mott Menulis Sharing, connecting on rainbow. Pena Sehat Pena Saran Pena Kawan

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Artikel Utama

Pasukan Oranye Segera Atasi Permasalahan Kebersihan Jakarta?

13 Agustus 2015   09:35 Diperbarui: 13 Agustus 2015   10:25 0 25 30 Mohon Tunggu...

Pasukan Oranye PPSU

Sudah dua hari ini enam manusia berseragam oranye mondar-mandir di depan rumah dan di sekitar RT 05 RW 06 Kelurahan Dukuh Jakarta Timur. Mengenakan baju terusan sampai celana oranye berstrip putih dilengkapi dengan sepatu lars panjang dan topi dengan warna yang sama. Inilah seragam baru. Seragam anyar ini memang baru diterima dua hari lalu dari Pak Ahok Gubernur Jakarta melalui Ibu RA Titik Sugiharti Lurah Kampung Dukuh.

Seperti dijelaskan oleh Mbak Dolly, salah satu petugas oranye, "Sebenarnya kami telah melaksanakan tugas dua minggu lalu di RW 06, sekarang giliran pembersihan di Jalan Bumi Pratama VIII di sekitar kediaman Bapak." Lebih lanjut petugas oranye ini mengatakan bahwa mereka melaksanakan perintah Pak Ahok dalam program Penanganan Prasarana & Sarana Umum (PPSU) di Kelurahan Dukuh Tahun 2015. Tulisan PPSU nampak jelas menempel di punggung pasukan oranye.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melaksanakan perekrutan sekitar 18.000 pekerja penanganan prasarana dan sarana umum. Mereka bertanggung jawab menangani kebersihan dan kerusakan ringan di suatu kawasan tertentu, seperti jalan atau taman. Pekerja PPSU akan mendapatkan upah sebesar upah minimum Provinsi DKI Jakarta, yaitu Rp 2,7 juta per bulan. Perekrutan dilakukan berdasarkan wilayah kecamatan.

Tugas PPSU bukan saja membersihkan lingkungan dari tumpukan sampah. Lebih dari itu mereka mengerjakan segala satu yang menyangkut prasaran dan sarana yang berada di bawah tanggung jawab lurah setempat. Tugas utama mereka adalah menangani persoalan darurat dan kecil. Misalnya, membersihkan sampah yang menyumbat saluran air, memunguti sampah yang dibuang sembarangan, menambal lubang kecil di trotoar dengan semen, dan masalah kerusakan pada sarana dan prasarana umum di Jakarta.

Kelurahan Dukuh membentuk 6 satuan tugas sesuai dengan jumlah Rukun Warga. Setiap tim terdiri dari 6 orang petugas, mereka setiap hari berkeliling perumahan penduduk dari gang RT sampai ke pelosok sudut RT. PPSU merupakan program kerja Pemerintah Daerah Khusus Ibu Kota. Anda tentu bisa check apakah di lingkungan Anda tinggal sudah terdapat pasukan oranye ini. 

 

Dirasakan Manfaat oleh Warga

Gagasan perekrutan pekerja PPSU ini memang telah lama dilontarkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Dia gerah dengan masih banyaknya sampah, saluran air tersumbat, dan jalan rusak padahal sudah ada puluhan ribu pekerja di lapangan. Adanya kepastian tenaga PPSU ini dianggap bisa segera menyelesaikan jika terjadi masalah di lapangan. Pasalnya, masih banyak pekerjaan lapangan yang menunggu, sedangkan tenaga terbatas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x