Mohon tunggu...
thalyta vius
thalyta vius Mohon Tunggu... y

hmm

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Hobi Paling Murah

17 Mei 2021   16:50 Diperbarui: 17 Mei 2021   17:00 32 2 0 Mohon Tunggu...

Melalui Google Meet kala pembelajaran daring, guruku bahasa Indonesia, Bu Bekti, pernah berkata bahwa menulis adalah hobi yang paling murah. Aku setuju dengan itu, menulis tidak membutuhkan modal yang banyak. Menulis bisa dilakukan oleh siapapun dan dimanapun. Bermodalkan ide atau gagasan, kita bisa menghasilkan sebuah karya. Karya ini bisa kita tuangkan dalam tulisan, caption instagram, cuitan twitter, bahkan blog agar bisa dibaca dan dinikmati oleh banyak orang. 

Menulis bisa beragam bentuknya. Bisa puisi, cerpen, cerita pengalaman atau blog seperti yang aku tulis saat ini. Bahkan, menulis bisa menjadi sumber penghasilan bagi penulis yang buku atau novelnya telah diterbitkan. 

Menjadi produktif tidak melulu mengerjakan pekerjaan yang banyak dan berat. Produktif bukan hanya mengeluarkan uang dan tenaga yang banyak. Lewat kegiatan sesederhana menulis kita juga bisa disebut produktif. Sebab itu, mulailah untuk belajar menulis dari sekarang. Tak perlu memulainya dengan bahasa yangs susah, tapi mulailah dengan bahasa yang sederhana agar pembaca juga paham apa maknanya.

Awal mula ketika menulis mungkin akan bingung menggunakan kata atau bahasa yang seperti apa. Ketika membuat suatu karya, sebutlah puisi, mungkin kalian akan kebingungan dan kesusahan karena kalian bukan pujangga yang pandai merangkai kata-kata. Tapi percayalah, kalian harus berani mencoba. Rangkai kata-kata yang sederhana, dengan tema yang dekat dengan kehidupan kalian. Maka, puisi kalian akan tercipta dengan kesederhanaan dan lebih apa adanya.

VIDEO PILIHAN