Mohon tunggu...
Teti Megawati
Teti Megawati Mohon Tunggu... Guru - Pendidik

Halo, saya Teti Megawati.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran yang Menarik

24 November 2022   11:30 Diperbarui: 24 November 2022   11:32 660 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Yang Menarik

Oleh Teti Megawati, S.Pd.

            Perkembangan teknologi informasi saat ini berdampak langsung terhadap berbagai aspek kehidupan, mulai dari aspek ekonomi, kesehatan, budaya, pariwisata, dan dunia pendidikan. Dunia pendidikan dituntut untuk menyesuaikan perkembangan teknologi agar dapat meningkatkan mutu pendidikan. Saat ini, teknologi informasi merupakan faktor penting untuk mendukung keberhasilan pendidikan. Teknologi dalam pendidikan merupakan suatu sistem yang dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran sehingga tercapai hasil yang diinginkan. Oleh karena itu, kita harus beradaptasi menyesuaikan pembelajaran yang berteknologi agar mengikuti perkembangan zaman.

            Salah satu pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan adalah pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan sarana untuk menyalurkan informasi atau materi pembelajaran sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Media pembelajaran berbasis teknologi yang menarik dapat dilakukan dengan megggunakan aplikasi yang ada di internet. Aplikasi yang saat ini sedang banyak digemari  yaitu aplikasi Canva. Canva merupakan platform digital yang dapat digunakan untuk membuat desain dengan berbagai fitur menarik di dalamnya, seperti presentasi, poster, infografis, brosur, video, resume, dan lain sebagainya. Aplikasi Canva juga menyajikan template yang menarik mulai dari yang gratis dan juga premium. Canva juga menyajikan berbagai fitur menarik lainnya, seperti background, bentuk, teks, gambar, stiker, dan lain sebagainya.

            Aplikasi canva dapat diakses tidak hanya melalui laptop, tetapi juga dapat diakses melalui gadget sehingga peserta didik sangat mudah menginstal aplikasi ini melalui playstore di gedget masing-masing. Langkah-langkah menggunakan aplikasi canva adalah sebagai berikut :

  • Jika kita ingin mengakses canva dengan gadget, kita harus men-download terlebih dulu dari playstore. Namun, kita menggunakan laptop kita cukup akses laman www.canva.com .
  • Masuk dengan akun google atau facebook yang kita miliki.
  • Ketika sudah masuk di aplikasi canva ada beberapa pertanyaan yang muncul, kita bisa menjawab sesuai dengan kebutuhan kita.
  • Jika kita ingin membuat desain, seperti presentasi atau poster, kita bisa klik template yang sudah ada, baik yang gratis maupun premium.  Namun, jika kita ingin membuat desain dari kertas kosong, kita klik buat desain di bagian pojok kanan atas. Ukuran kertas bisa kita atur sesuai apa yang kita inginkan.
  • Ketika menggunakan template yang sudah ada, kita tinggal mengubah tulisan atau gambar sesuai kebutuhan. Kita juga bisa menambahkan gambar dari file yang kita miliki atau dari google. Jika ingin mengganti bentuk tulisan, klik edit. Akan muncul banyak pilihan untuk mengganti gaya tulisan, ukuran, warna dan sebagainya.
  • Setelah desain jadi, kita bisa men-download desain dengan cara klik tanda panah di pojok kanan atas, kemudian download. Pilih bentuk file yang kita inginkan, seperti jpg, pdf, mp4 video dan lain-lain.

Aplikasi canva sangat bermanfaat untuk pembelajaran. Kelebihan aplikasi ini adalah memiliki banyak desain menarik, kaya akan fitur, mudah digunakan, dan dapat diakses melalui web atau android. Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang inovatif dan interaktif, dapat meningkatkan kreativitas peserta didik, dan menciptakan pembelajaran yang kolaboratif. Pembelajaran pun menjadi menyenangkan dan tidak membosankan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan