Mohon tunggu...
TESALONIKA PUTRICIA
TESALONIKA PUTRICIA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Saya orang yang gemar membaca, suka belajar hal-hal baru, menyukai hal-hal yang bersangkutan dengan alam, terbuka akan kritik dan saran.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penggunaan Logika dan Bahasa sebagai Warga Negara Indonesia

6 Oktober 2022   01:29 Diperbarui: 6 Oktober 2022   01:30 86 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Geladi hominisasi merupakan kegiatan yang menjadi tahap kesadaran bahwa kita sebagai makhluk ciptaan Tuhan dapat berpikir, berbahasa, dan kita menjadi juga bagian dari Negara Indonesia, maka dalam kegiatan itu sangat bersangkut dengan mata kuliah logika, bahasa indonesia, dan pendidikan kewarganegaraan. 

Geladi ini melalui tahapan proses seperti adanya tugas pra geladi, lalu tugas saat geladi berlangsung, dan tugas pasca geladi. Saya mengikuti geladi hominisasi yang pertama, di tanggal 1 oktober 2022 yang dilakukan via zoom. 

Acara dimulai dengan adanya tayangan video singkat mengenai tips dalam mempresentasikan hasil kerja yang baik, lalu menyanyikan lagu Indonesia Raya, stanza 1 sampai dengan stanza 3, dilanjutkan Hymne Unpar dengan sikap sempurna tentunya, berdiri dan tegap. 

Lalu pemaparan oleh LPH dan ketua Geladi, dilanjutkan dengan penjelasan mengapa Geladi ini dilaksanakan. Dijelaskan puga kontrak selama acara berlangsung, perkenalan dari dosen-dosen yang ikut hadir bersama kami, kami juga diberikan quiz mengenai pengetahuan umum, lalu berdinamika bersama kelompok.

Dalam dinamika kelompok, kami akan berdiskusi mengenai topik kelompok yang sudah ditentukan oleh panitia Geladi, lalu akan mempresentasikannya. Kami juga dijelaskan dahulu mengenai apa saja yang akan kami jelaskan, kesalahan yang sering terjadi dalam presentasi, agar kami tidak mengulangi kesalahan tersebut. Kelompok saya mendapatkan tema "Hari Kopi Sedunia".

Setiap kelompok diberi waktu 45 menit untuk berdiskusi di breakout room serta menyiapkan apa yang akan di presentasikan dengan membagi tugas, setiap kelompok juga diwajibkan untuk berbicara saat presentasi. Dilanjut dengan diskusi kembali di forum yang lebih kecil, yaitu ada 4 kelompok yang akan secara bergantian mempresentasikan hasil diskusinya selama 4 menit. 

Setelah semua kelompok menyampaikan hasil diskusinya, kami diberi masukkan, kritik dan saran yang membangun agar kami dapat semakin bertumbuh dan menjadi semakin baik saat presentasi. Dari 4 kelompok, maka dipilih satu kelompok untuk presentasi final dari setiap breakout room untuk kembali ke main room utama mempresentasikan kembali topic kelompoknya untuk mendapatkan hasil akhir kelompok mana yang keluar menjadi yang terbaik.

Lewat kegiatan Geladi ini menurut saya hal- hal penting seperti: berkomunikasi dengan baik, mampu me manage waktu, cepat berfikir, dan mampu berdinamika serta bekerjasama dengan baik itu sangat penting. Belum lagi teman di dalam satu kelompok itu beragam dari berbagai fakultas dan jurusan, tentunya tidak mudah untuk bersosialisasi dengan orang baru, ada rasa deg-degkan, takut salah bicara, dan malu untuk berbicara dengan mereka. 

Apa yang kami dapatkan lewat Geladi ini kami tuangkan lewat mentimeter menuliskannya secara anonim. Setelah itu kami menyanyikan mars Unpar, berdoa penutup, foto bersama, dan penjelasan mengenai tugas pasca Geladi yang harus kami kerjakan sesuai tenggat yang sudah diberikan, tidak lupa pula untuk mengisi absensi.

Setelah mengikuti geladi hominisasi ini, diperlukan untuk menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara agar sebagai manusia kita dapat menjadi manusia yang humanum, penuh cinta kasih, serta manusia yang sanggup melakukan apa yang menjadi pilihan hidupnya, dan bertanggung jawab di dalam kehidupannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan