Mohon tunggu...
Tesa Fransiska
Tesa Fransiska Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Pelayanan yang Baik Juga Bisa Jadi Investasi Jangka Panjang

23 Oktober 2018   23:24 Diperbarui: 23 Oktober 2018   23:27 276
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Pernahkan ketika anda datang ke sebuah perusahaan jasa atau produk kemudian anda bertanya dengan karyawan yang ada, tetapi yang anda dapatkan bukanlah suatu informasi melainkan jawaban ketus yang seharusnya tidak dilakukan seorang karyawan dalam hal melayani pelanggan. Atau bahkan ketika anda sedang memerlukan barang atau jasa di perusahaan tersebut tetapi karyawan yang ada malah tidak memperdulikan anda. 

Seringkali pada pusat perbelanjaan yang besar dengan karyawan yang tidak sedikit tetapi pada saat kita memerlukan bantuan tetapi karyawan yang ada sedang asik berkumpul dengan karyawan lainnya sehingga mengabaikan pelanggan.

Pelayanan karyawan yang kurang baik yang dapat mengakibatkan konsumen merasa tidak puas dengan pelayanan dan bahkan dapat merusak citra perusahaan, untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang etika karyawan pada perusahaan dalam memberikan pelayanan. Bagaimana seorang karyawan memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen agar konsumen merasa nyaman

Etika  adalah suatu norma atau aturan yang dipakai sebagai pedoman dalam berperilaku di masyarakat bagi seseorang terkait dengan sifat baik dan buruk. Salah satu faktor yang mempengaruhi etika yang baik dalam memberikan pelayanan, yaitu faktor manusia atau karyawan yang memberikan pelayanan tersebut.

Karyawan yang melayani pelanggan harus memiliki kemampuan melayani pelanggan secara tepat dan cepat sesuai standar operasional prosedur yang telah ditetapkan dalam suatu perusahaan. Karyawan harus memiliki kemampuan dalam berkomunikasi, sopan santun, ramah dan bertanggung jawab penuh terhadap pelanggan, serta memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik dalam memahami kebutuhan pelanggan.

Dalam sebuah perusahaan baik perusahan produksi ataupun jasa tentunya perlu memberikan pelayanan yang baik bagi setiap pelanggan atau pengguna jasa. Tujuan dari memberikan sebuah pelayanan yang baik adalah untuk memberikan kepuasan terhadap orang yang menerima pelayanan dan untuk memberikan kesan yang baik bagi pelanggan terhadap perusahaan.

Dengan memberikan pelayanan yang baik terhadap pelanggan sangat berdampak positif bagi perusahaan, yaitu memberikan citra yang baik bagi perusahaan dan meningkatkan pendapatan perusahaan melalui pelayanan jasa atau penjualan suatu produk.

Seringkali karyawan melakukan tindakan-tindakan yang tanpa disadari telah melanggar kode etik karyawan dalam memberikan pelayanan, misalnya:

  • Mengabaikan pelanggan
  • Menampakkan wajah tidak menyenangkan
  • Berbicara terlalu kasar/menyinggung pelanggan
  • Berbicara atau bercanda dengan karyawan lain dan mengabaikan pelanggan
  • Mengangkat telefon ketika melayani pelanggan
  • Berpakaian kurang sopan

Seorang karyawan seharusnya menghindari perlakuan yang dianggap melanggar etik dalam memberikan pelayanan. Dalam memberikan pelayanan seharusnya karyawan menerapkan standar operasioanal prosedur yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Hal-hal yang dapat terjadi jika pelanggan menerima pelayanan yang kurang baik :

  • Pelanggan menjadi tidak puas dan mungkin untuk tidak menggunakan jasa atau produk yang dari perusahaan tersebut.
  • Pelanggan akan menceritakan keburukan atau ketidakpuasan kepada pelanggan lain yang dapat berdampak buruk bagi perusahaan.

Dalam mewujudkan etika yang baik dalam memberikan pelayanan, seharusnya karyawan melakukan hal-hal yang bersifat positif, seperti:

  • Bersikap ramah dan sopan
  • Berpakaian rapi
  • Menghargai pelanggan
  • Empati, kepedulian dan perhatian khusus kepada pelanggan
  • Menjalankan tugas sesuai stadar operasional prosedur

Pelayanan yang baik bagi pelanggan akan memberikan kesan yang baik terhadap perusahaan. Dengan memberikan pelayanan yang baik memberikan keuntungan bagi pelanggan, karyawan dan perusahaan.

Semoga bermanfaat J

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun