Tekno Pilihan

Datally, Aplikasi Baru Google Pengontrol Internet Smartphone

6 Desember 2017   21:13 Diperbarui: 7 Desember 2017   10:14 552 0 0
Datally, Aplikasi Baru Google Pengontrol Internet Smartphone
foto: urbandigital.id

Google meluncurkan aplikasi Android yang bergaya dan sederhana yang dirancang untuk membantu orang mengelola salah satu fungsi inti telepon mereka - dalam hal ini, penggunaan data.

Aplikasi ini disebut Datally, dan ini seharusnya membantu Anda memahami data Anda dan mengurangi jumlah yang Anda gunakan. Secara umum akan menunjukkan aplikasi mana yang paling banyak menggunakan data dan berapa kali data Anda mulai habis; itu juga akan merekomendasikan cara untuk mengurangi penggunaan data berdasarkan aktivitas Anda sendiri dan menyarankan jaringan Wi-Fi terdekat untuk Anda hubungkan.

Yang lebih penting lagi, ada tombol besar di bagian atas aplikasi yang memungkinkan Anda menghentikan semua penggunaan data latar belakang, jadi hanya aplikasi yang aktif di layar yang dapat menggunakan data seluler. Gelembung gaya chat-head juga akan muncul sehingga Anda tahu berapa banyak data aplikasi yang saat ini Anda jalankan habis. Dan jika Anda tidak ingin memblokir setiap aplikasi dari data latar belakang, Datally akan mengizinkan Anda masuk dan mengontrol penggunaan data secara aplikasi berdasarkan aplikasi juga.

Jika Anda pengguna Android lama, Datally mungkin tidak terdengar menarik. Hampir semua fungsi aplikasi sudah terpasang ke Android secara langsung. Tapi fitur tersebut tersembunyi di dalam menu pengaturan, dan tidak terbilang cukup rapi seperti tampilannya di dalam Datally. Sebagai aplikasi mandiri, akan lebih mudah bagi orang untuk menemukan dan mengingat untuk menggunakannya.

Datally sedang dirilis sebagai bagian dari inisiatif Google Next Million Users, yang berfokus untuk membuat produk Google lebih bermanfaat di negara-negara yang memiliki koneksi seluler terbatas dan perangkat keras kelas bawah masih tersebar luas. Itulah sebabnya inisiatif berfokus pada fitur dasar seperti manajemen penyimpanan - seperti aplikasi terakhir yang berdiri sendiri - dan penggunaan data. Ini juga mengapa Datally mengambil ruang 6MB.

Josh Woodward, manajer produk yang mengawasi Datally, mengatakan bahwa gagasan untuk aplikasi tersebut berasal dari melihat panjangnya bahwa orang-orang mempertahankan data, terutama di negara-negara dimana rencana seluler tetap relatif mahal. Di Delhi, Lagos, dan Buenos Aires, Woodard mengatakan timnya melihat orang-orang yang akan menjaga telepon mereka pada mode pesawat setiap saat untuk mencegah penggunaan data. Ketika mereka ingin memeriksa notifikasi mereka, mereka akan mematikan mode pesawat terbang, membiarkan semua info masuk, lalu menghidupkan kembali mode pesawat sambil melihat-lihat informasi baru.

Google telah menguji Datally di Filipina sejak musim panas ini. Perusahaan mengatakan sudah memukul lebih dari 500.000 pengguna dan itu telah mampu menyelamatkan orang, rata-rata, 30 persen dari data mereka. Sampai hari ini, aplikasi diluncurkan ke seluruh dunia dan tersedia untuk ponsel yang menjalankan Android 5.0 atau lebih tinggi.

Jelas, jika Anda mampu menggunakan data tambahan, Anda mungkin tidak ingin menggunakan aplikasi ini. Memotong penggunaan data latar belakang akan menyakiti keseluruhan pengalaman ponsel Anda, karena tidak hanya aplikasi tidak menyegarkan konten di latar belakang, namun aplikasi juga tidak akan mengirimkan notifikasi push (yang berarti Anda tidak dapat mengobrol dengan seseorang kecuali apapun SMS). Tetapi jika Anda terus-menerus menabrak cap data Anda, secara umum sepertinya cara mudah untuk mulai mencari tahu di mana masalahnya.