Media

Mengenal Lebih Dekat dengan Jurnalisme Multimedia

30 Mei 2018   10:37 Diperbarui: 30 Mei 2018   10:38 282 1 0

Apa itu Multimedia?

Multimedia berasal dari 2 kata yaitu "multi" dan "media". Multi dalam bahasa Latin disebut dengan "multus" yang berarti banyak. Sedangkan media atau "medium" ialah suatu alat yang digunakan untuk memproduksi suatu konten. Konten yang dimaksud di sini meliputi teks, grafik, suara, foto, musik, dsb. Jadi dapat disimpulkan bahwa multimedia ialah gabungan atau kombinasi dari konten-konten yang saling berhubungan dan "dimanipulasi" secara digital.

Dalam jurnalistik, konsep multimedia adalah cara baru media untuk menyajikan informasi kepada masyarakat. Dengan diproduksinya informasi lewat konsep "multimedia" inilah kemudian sebuah perusahaan media bertahan di tengah majunya jaman.

Elemen-elemen dalam Multimedia

  • Teks, merupakan istilah yang luas untuk sesuatu yang berisi kata-kata untuk mengekspresikan sesuatu. Teks adalah elemen multimedia yang paling mendasar. Pilihan kata yang bagus bisa membantu menyampaikan pesan yang dimaksud ke pengguna (keywords). Digunakan dalam isi, menu, tombol navigasi yang dapat dioperasikan dengan mudah sehingga tidak mempersulit pengguna nya.
  • Grafis, bisa disebut juga dengan istilah angka dua dimensi atau ilustrasi. Bisa diproduksi secara manual (dengan menggambar, melukis, mengukir, dll) atau dengan teknologi grafis komputer. Grafis digunakan oleh pengguna agar dapat mengilustrasikan hal hal yang mereka pelajari.
  • Audio, merupakan bagian dari multimedia yang diproduksi oleh getaran, seperti yang dirasakan oleh indera pendengaran. Di multimedia, audio bisa hadir dalam bentuk ucapan, efek suara dan juga musik. Hal ini dapat membantu pengguna dalam hal suara atau pengucapan agar lebih mudah diterjemahkan dan dimengerti. Penggunaan efek atau elemen suara ini dapat memunculkan pemahaman yang lebih mendasar tentang tutur kata atau cara pengucapan yang benar.
  • Animation, merupakan ilusi gerak yang diciptakan oleh tampilan gambar setatis secara beruntun sehingga membentuk suatu gerakan yang sesuai dengan keinginannya. Animassi di dalam multimedia ini digunakan untuk memperjelas segala informasi yang menciptakan suatu bentuk dari pengalaman guna mempermudah mereka dalam penyampaian atau menggunakan dan mendapat informasi yang di butuhkan.
  • Video, merupakan elemen yang sangat jelas dan relevant karena lebih mengarah pada photo real image sequence atau live recording dibandingkan dengan animasi.