Mohon tunggu...
Teresa YoselinSidabutar
Teresa YoselinSidabutar Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Nama Teresa Yoselin Sidabutar Mahasiswa Institut Agama Kristen Negeri Tarutung

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teori Belajar Menurut Aliran Kognitif serta Implementasinya dalam Pendidikan di SD N 17 Tomok

20 Desember 2022   12:21 Diperbarui: 20 Desember 2022   12:32 218
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Belajar merupakan suatu proses manusia dengan memperoleh pengetahuan atau menguasai pengetahuan melalui pengalaman, mengingat, mendapatkan informasi atau menemukan dan suatu proses psikis yang berlangsung dalam interaksi antara subjek dengan lingkungannya dan menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan, sikap dan kebiasaan yang bersifat relatif konstan baik melalui pengalaman, latihan maupun praktek. Salah satu teori belajar yang berkembang dan dipakai di dunia pendidikan adalah teori belajar kognitif Jean Piaget, Teori perkembangan kognitif Vygotsky, Teori Kognitif menurut Lewin dan Teori Kognitif menurut Jerome Bruner.

PendahhuluanSetiap Individu tentu pernah melakukan aktivitas belajar tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seseorang mulai sejak lahir sampai mencapai umur tua. Seorang ahli Khodijah (2014) memberikan definisi belajar yaitu : 1) Belajar adalah merupakan suatu proses yang memungkinkan seseorang memperoleh dan membentuk kompetensinya, keterampilan, dan sikap yang baru. 2) Proses belajar melibatkan proses-proses internal yang terjadi berdasarkan pengalama, latihan dan interaksi sosial. 3) Hasil belajar ditunjukkan dengan hasil dari perilaku seseorang. 4) Perubahan yang dihasilkan dari belajar bersifat realtif permanen. Dalam membahas dari teori-teori tersebut sudah banyak teori yang muncul seperti teori behavioristik, teorin kognitif, teori humanistik dan lainnya.Pembahasan

  • Teori belajar Kognitif menjelaskan belajar dengan berfokus pada perubahan-perubahan proses mental internal yang digunakan dalam upaya memahami dunia eksternal. Proses ini digunakan dalam mempelajari tugas-tugas sederhana hingga kompleks. Dalam perspektif kognitif, belajar adalah perubahan dalam struktur mental seseorang yang memberikan kapasitas untuk menunjukkan perubahan tingkah laku. Menurut Saam (2010:59) bahwa Teori kognitif menekankan bahwa peristiwa belajar merupakan proses internal atau mental manusia.
  • Teori Perkembangan Kognitif Jean Plaget Gredler (2011:324) menyatakan bahwa fokus dari teori Jean Piaget adalah menemukan asal muasal logika alamiah dan transformasinya dari satu bentuk penalarannya ke penalaran lain. Berikut ini dijelaskan Jean Piaget.
  • Teori perkembangan Kognitif VygotskyMenurut Vygotsky menggunakan pendekatan developmental berarti memahami fungsi kognitif anak dengan memeriksa asal usulnya dan transpormasinya dari bentuk awal kebentuk selanjutnya.
  • Teori Kognitif menurut Lewin (teori medan)Menurut Lewin, eblajar berlangsung sebagai akibat perubahan dalam struktur kognitif.
  • Teori Kognitif menurut Jerome BrunerPembelajaran hendaknya dapat menciptakan situasi agar mahasiswa dapat belajar dari diri sendiri melalui pengalaman dan eksperimen untuk menemukan pengetahuan dan kemampuan baru yang khas baginya.

Implikasi Teori Belajar menurut aliran psikologi Kognitif dalam pembelajaran di SD N 17 Tomok

Menurut Danim dan Kharil menyatakan bahwa guru-guru pada umumnya sudah tahu fakta kunci aktivitas di kelas, perhatian sangat penting bagi kepentingan siswa belajar.  Berdasarkan penjelasan dari Implikasi teori piaget di dalam pembelajaran maka seorang guru harus dapat memakai teori tersebut untuk dilaksanakan dalam proses pembelajaran peserta didik. Misalnya di SD N 17 Tomok ada pendekatan konstruktivis maka guru di sd tersebut dapat memberikan tugas kepada murid untuk mempelajari dan membuat ringkasan pelajaran yang akan datang. Guru-guru di SD N 17 Tomok memberikan kebebasan kepada murid untuk bisa mencari teori teori untuk pelajaran akan lebih baik dan murid-murid di SD tersebut maka menghasilkan belajar yang lebih baik. Guru-guru di Sd N 17 Tomok ini, melatih pola pikir para siswa dalam memecahkan suatu permasalahan sederhana seperti yang tejadi dilingkungan sekitarnya, dan membantu cara pandang siswa akan perspektif dari berbagai sisi dalam melihat dunia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun