Mohon tunggu...
Lingkungan

Cara Sederhana Menyelamatkan Bumi

22 Maret 2017   21:28 Diperbarui: 22 Maret 2017   22:00 160 0 0 Mohon Tunggu...

Berbuat baiklah terhadap bumi, alam, dan segala ciptaan di dalamnya maka hidup yang pernah dijalani tidak akan pernah sia-sia.

  • Kurangi penggunaan kantong plastik dan sebisa mungkin menggantinya dengan tas kanvas atau kantong berbahan kain yang bisa dibersihkan dan digunakan kembali. Saat berbelanja, gunakan tas anyaman yang khusus sehingga dapat dipakai setiap berbelanja di kemudian hari. Untuk bungkus makanan, bahan kertas juga dapat menjadi pilihan. Meskipun konsumsi kertas juga perlu dibatasi untuk menjaga kelestarian hutan, perlu diingat pula bahwa bahan kertas lebih mudah terurai daripada bahan plastik. Walau saja saat ini telah ada inovasi untuk mengolah dan memanfaatkan limbah plastik menjadi BBM, tak ada salahnya untuk terus membantu menekan kuantitas penggunaan plastik.
  • Pisahkan sampah organik dan anorganik untuk memudahkan lembaga pengolah sampah mengolah kembali sampah dengan tepat dan sesuai.
  • Batasi penggunaan transportasi pribadi dengan memilih transportasi yang disediakan untuk umum seperti bus kota, busway, dll. Bila perlu, luangkan waktu untuk berjalan kaki untuk jarak tempuh yang bisa dijangkau. Meluangkan waktu untuk menggerakkan badan ikut menjaga kebugaran tubuh dan kesehatan badan.
  • Porsikan konsumsi daging sesuai dengan kebutuhan sebab konsumsi daging dapat membantu proses pemanasan global. Bila ingin mencukupi kebutuhan protein harian, tempe, tahu, dan beberapa bahan makanan dari tanaman lainnya juga mengandung cukup protein untuk tubuh.
  • Gunakan secukupnya produk-produk buatan atau sintetis yang mengandung bahan kimia dan sebisa mungkin memperbanyak bahan-bahan alami serta mencoba menjalani hidup yang lebih dekat lagi dengan alam tanpa terlalu terpaku pada stigma tertentu yang tercipta di masyarakat.
  • Tidak semua lahan kosong harus dibangun bangunan mewah dan megah seperti tempat hiburan, pusat penginapan, dan pusat perbelanjaan. Menjadikannya lahan terbuka hijau, sawah, dan kebun juga dapat menjadi alternatif untuk memberikan nilai tambah terhadap lahan dan yang terpenting agar di bumi masih tersedia lahan hijau untuk daerah resapan air dan juga sebagai sarana pendekatan diri dengan alam.
  • Saat mengadakan perjalanan atau liburan khususnya ke daerah yang masih sangat alam seperti dataran tinggi dan perbukitan, persiapkan jajanan tradisional buatan rumahan sebagai bekal dalam perjalanan karena jajan buatan sendiri biasanya dikemas di container makanan dan jarang menggunakan kantong plastik berlimpah. Tak jarang wisatawan domestik dan luar daerah ikut menyumbang jumlah sampah yang bahkan terkadang dibuang sembarangan di alam yang masih sangat hijau dan asri. Bila memang terpaksa membawa bekal makanan ringan dalam kemasan plastik, pastikan bahwa plastik kemasan terkumpul rapih dan siap untuk dibuang di tempat sampah yang tentunya tersedia di berbagai tempat.
  • Sediakan botol pribadi untuk kegiatan sehari-hari yang dapat digunakan untuk menyimpan air mineral atau jus buah buatan sendiri guna mengurangi konsumsi minuman kemasan dalam botol plastik di pasaran. Sediakan pula kotak makanan untuk persediaan camilan ringan atau bahkan makanan berat yang dibuat sendiri yang kita tahu pula tingkat kesehatan dan kebersihannya.
  • Sediakan pekarangan di rumah atau setidaknya lahan untuk menanam tanaman atau bahan makanan organik yang mudah ditanam seperti singkong, talas, pisang, cabai, dan tomat sebagai kosumsi pribadi keluarga dan sekitar. Dengan begitu, kebutuhan akan makanan pendamping yang bergizi seimbang dan beragam dapat terpenuhi.
  • Menyelenggarakan peternakan sapi perah sederhana tiap RT atau RW setempat yang dikelola warga bersama ataupun dinas pemerintahan setempat yang hasilnya dapat didedikasikan untuk rakyat bersama khususnya anak-anak pada masa pertumbuhan guna mencukupi kebutuhan minimal meminum susu tiap hari atau minggunya.
  • Tak perlu ke kota besar yang sudah penuh demi mencari peruntungan. Di zaman yang serba digital, jarak tidak menjadi kendala berarti bagi kebanyakan orang. Oleh karena itu, memilih tinggal di daerah yang jauh lebih layak di daerah yang sedikit jauh dari hingar bingar pusat kota adalah keputusan yang baik untuk menjaga keseimbangan di dunia.

Perubahan kecil oleh satu orang saja, bila jutaan orang yang melakukannya maka terciptalah perubahan besar yang sangat berarti bagi kehidupan bersama.

VIDEO PILIHAN