Mohon tunggu...
Khulfi M Khalwani
Khulfi M Khalwani Mohon Tunggu... Freelancer - Care and Respect ^^

Backpacker dan penggiat wisata alam bebas... Orang yang mencintai hutan dan masyarakatnya... Pemerhati lingkungan hidup... Suporter Timnas Indonesia... ^^

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Mengunjungi Situs Perjuangan Diplomasi NKRI: Perjanjian Linggarjati

27 Desember 2021   11:27 Diperbarui: 27 Desember 2021   12:06 193 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Jika melewati jalur Cirebon - Kuningan sempatkan untuk mampir kesini. Sebuah desa dengan suasana asri dan sejuk di lereng gunung Ciremai. Desa Linggarjati, tempat perjanjian Linggarjati diselenggarakan pada tahun 1946.

Lokasi ini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Kabupaten Kuningan. Fasilitas tempat parkir yang luas dan banyak juga yang berjualan cinderamata.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Perjanjian Linggarjati merupakan salah satu peristiwa penting dalam sejarah Indonesia. Perjanjian ini berupa perundingan antara Indonesia dan Belanda mengenai status kemerdekaan Indonesia.
Sebelum Perjanjian Linggarjati disahkan kedua belah pihak, Indonesia dan Belanda telah terlebih dahulu menggelar pertemuan namun tidak menemukan kesepakatan atau titik temu akan status kemerdekaan Indonesia.

Setahun kemudian, tepatnya 25 Maret 1947 hasil perjanjian tersebut secara resmi dan sah ditandatangani kedua negara.
Setelah disahkan banyak negara mengakui kekuasaan Indonesia secara de facto.
Perundingan Linggarjati merupakan bentuk perjuangan diplomasi Indonesia melawan tatanan dunia saat itu, ketika penjajahan dan kolonialisme masih banyak terjadi.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Saat akan memasuki gedung dengab nuansa etnik Belanda ini anda akan diterima oleh beberapa pemandu yang siap mengawal touring sejarah anda mulai dari pintu  ruangan sampai tiap sudut di cagar budaya ini.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Dok. pribadi
Dok. pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan