Mohon tunggu...
Teopilus Tarigan
Teopilus Tarigan Mohon Tunggu... Sekretaris - Pegawai Negeri Sipil

Pro Deo et Patria

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Lantunan "Melati Suci" di Rakornas Kepegawaian Tahun 2021, Liputan dari Pulau Kahyangan

1 Juli 2021   14:36 Diperbarui: 1 Juli 2021   18:35 235 24 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lantunan "Melati Suci" di Rakornas Kepegawaian Tahun 2021, Liputan dari Pulau Kahyangan
Tangyar YouTube Rakornas Kepegawaian 2021 (Dokpri)


Putih
Putih melati
Mekar di taman sari
Semerbak wangi penjuru bumi

*** 


"Melati Suci" yang diciptakan dan dipersembahakan khusus oleh Guruh Soekarnoputra kepada ibundanya, Fatmawati, yang juga ibu negara pertama Republik Indonesia. Lagu yang ditujukan bagi seorang ibu negara ini, membangkitkan imaji akan bayangan sosok ibu yang penuh dengan kasih sayang, ketulusan, sekaligus ketegaran.

Sebagaimana sejatinya semua ibu di mana saja, jasa dan pengorbanan mereka untuk anak-anak, keluarga, dan juga untuk negerinya, akan senantiasa harum mewangi, laksana melati nan suci.

Lagu "Melati Suci" ini diperdengarkan di jeda pemaparan materi oleh para nara sumber dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian Tahun 2021. Ini adalah salah satu agenda akbar tahunan bidang manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN), yang bisa disebut sebagai lebarannya pengelola kepegawaian Republik Indonesia, dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Rakornas Kepegawaian ini dilaksanakan dalam rangka memperkuat konsolidasi dalam pembinaan manajemen kepegawaian dengan seluruh Pejabat Pembina Kepegawaian dan membangun komitmen bersama BKN.

Pada Kamis, 1 Juli 2021, Rakornas Kepegawaian digelar secara hybrid, daring melalui zoom dan secara tatap muka, di Bali. Rakornas tahun ini adalah yang kedua kali dilaksanakan secara hybrid akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan sejak tahun 2020 yang lalu.

Acara diawali dengan sambutan oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster, dilanjutkan laporan pelaksanaan Rakornas oleh Kepala BKN, Bima Haria Wibisana. Rakornas ini dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI, K.H. Ma'ruf Amin, yang juga merupakan Ketua Komite Pengarah dan Tim Reformasi Birokrasi Nasional Periode 2020-2024.

Tema Rakornas Kepegawaian tahun 2021 ini adalah "Transformasi Manajemen ASN Menuju ASN yang Dinamis." Menurut Gubernur Bali, pelaksanaan Rakornas di Pulau Bali yang berjuluk Pulau Dewata, Pulau Seribu Pura, dan Pulau Kahyangan, dipadupadankan dengan keasrian alam serta kebudayaan masyarakat Bali yang lestari semoga bisa memberikan vibrasi untuk menggaungkan pembangunan manajemen ASN yang dinamis.

Sebagaimana halnya dengan mulai bangkitnya dunia pariwisata di Bali setelah dihantam efek pandemi, ditandai tingkat hunian kamar hotel di Bali yang saat ini sudah mulai mencapai angka 15-35%, maka besar harapan agar rakornas di Bali ini bisa menghasilkan kebijakan yang signifikan dalam proses transformasi manajemen ASN di Indonesia.

ASN Sebagai Pelayan Publik dan Perekat NKRI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN