Mohon tunggu...
Teopilus Tarigan
Teopilus Tarigan Mohon Tunggu... Pegawai Negeri Sipil

Damai sejahtera Allah yang melampaui segala akal, memelihara hati dan pikiranku... Blog Pribadi: https://surantateo.wixsite.com/terraincognita

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Cinta Adalah Hal Paling Rasional dalam Hidup yang Penuh Penat

6 Oktober 2019   08:57 Diperbarui: 6 Oktober 2019   09:26 0 6 6 Mohon Tunggu...
Cinta Adalah Hal Paling Rasional dalam Hidup yang Penuh Penat
Ruth dan Naomi (www.jw.org)

Ini adalah pelajaran dari kisah Rut hingga Daud. Rut adalah seorang perempuan suku Moab yang menikah dengan Mahlon, salah seorang putra Naomi dan Elimelekh, orang Israel.

Mahlon, suami Rut, kemudian meninggal karena bencana kelaparan. Walaupun suaminya sudah meninggal, Rut tetap menunjukkan kesetiaannya terhadap ibu mertuanya, Naomi. Rut orang Moab bahkan tetap beribadat kepada Tuhannya Naomi, orang Israel.

Dalam kehidupan masyarakat modern saat ini, refleksi atas kisah Naomi yang adalah seorang janda, yang kehilangan suami dan anak-anaknya karena bencana kelaparan, tapi tetap hidup bersama dengan menantunya Rut, mestilah akan memberikan gambaran tentang kehidupan sebuah keluarga susah, yang hidup miskin dan nyaris tanpa perlindungan. 

Mereka, yang dalam kehidupan saat ini, mungkin adalah orang-orang lemah, yang jelas tidak akan mendatangkan keuntungan apa pun untuk dibela dalam pandangan masyarakat umum, yang hidup dalam zaman dengan semangat saling mengalahkan.

Dalam kisah hidupnya selanjutnya, memang untuk sekadar mencukupi kebutuhan makan sehari-harinya, Rut sering harus memungut sisa-sisa tuaian yang tertinggal di belakang saat orang-orang memanen gandum di ladang. 

Barangkali karena itulah kisah Rut dalam tradisi Yahudi dibacakan dalam kebaktian di Sinagoge pada hari raya Pentakosta. Itu bisa juga dimaknai sebagai hari raya selesainya penuaian.

Latar belakang kisah ini adalah perkawinan Levirat dan penebusan tanah yang jelas tidak sejajar pada masyarakat modern saat ini. Perkawinan Levirat (Bahasa Latin "Levir" berarti ipar laki-laki). Itu adalah perkawinan di mana apabila seorang laki-laki di Israel Kuno meninggal dan belum memiliki anak laki-laki, maka kewajibannya terletak pada kerabat terdekatnya, dengan mengawini janda kerabat itu untuk mendapatkan anak laki-laki. Hal itu supaya namanya dalam silsilah tidak terhapus.

Pada suatu hari, Naomi menyuruh Rut menantunya ikut memanen gandum di ladang Boas. Ia adalah seorang bujangan kaya, kerabat dari Elimelekh. Ini adalah rencana Naomi untuk mempertemukan Rut dan Boas.

Rut dan Boas, setelah pertemuannya itu, akhirnya memang saling jatuh cinta. Boas sebenarnya masih kerabat jauh. Masih ada kerabat lain yang lebih dekat dibanding Boas dan orang itu lebih berhak mengawini Rut.

Menyadari hal itu, meskipun Boas jatuh cinta, tapi ia tidak mau mengabaikan hak kerabat yang lebih dekat itu. Boas mengumpulkan para tua-tua di pintu gerbang kota dan mengundang kerabat yang lebih dekat itu supaya hadir.

Boas juga memberitahukan kepada kerabatnya itu perihal tanah Elimelekh yang hendak dijual oleh Naomi. Ternyata, pertama-tama kerabat itu mempersoalkan tanah Elimelekh itu, dan bukannya memersoalkan perkawinan dengan Rut, anggota kerabat yang telah menjanda itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN