Mohon tunggu...
Teopilus Tarigan
Teopilus Tarigan Mohon Tunggu... Pegawai Negeri Sipil

Damai sejahtera Allah yang melampaui segala akal, memelihara hati dan pikiranku... Blog Pribadi: https://surantateo.wixsite.com/terraincognita

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Cerita tentang Apel Terbelah dari Hunter di Sebuah Pojok di Aberdeen

16 September 2019   16:59 Diperbarui: 16 September 2019   21:59 0 6 0 Mohon Tunggu...
Cerita tentang Apel Terbelah dari Hunter di Sebuah Pojok di Aberdeen
Youth With Split Apple (foto: Jeny Irene Tarigan)

Ini adalah cerita tentang sebuah patung, sebagaimana tertulis pada sebuah plakat di Universitas Aberdeen. Cerita tentang seorang pemuda dengan apel perunggu yang terbelah, karya pematung ternama Kenny Hunter, yang lahir di Edinburgh, pada tahun 1962.

Gaya berkesenian Kenny Hunter menawarkan sebuah perpaduan gaya kontemporer dalam seni patung figuratif tradisional. Tidak seperti yang tampak mendominasi dalam banyak monumen kemenangan tokoh-tokoh besar dalam figur yang gagah, patung ini tampak dalam tampilan seorang murid yang berbaring, sebagai orang kebanyakan yang ada di antara kita dan yang berbagi ruang dengan kita.

Pemuda itu menggenggam satu buah apel yang terbelah dua. Itu adalah sebuah simbol tradisional dari kebangkitan intelektual yang terbelah, menunjukkan sifat dualistik yang alamiah dari ilmu pengetahuan, sisi baik dan sisi buruk ilmu pengetahuan.

Dalam pekerjaannya, Kenny Hunter mempertanyakan asumsi yang menyatakan bahwa pengetahuan diperoleh melalui tindakan, ia malah menganjurkan bahwa keterbukaan dan perenungan justru memainkan perannya dalam mencapai tujuan hidup, bukan tujuan untuk mengubah dunia, tapi lebih kepada bagaimana kita memahaminya.

Kenny Hunter adalah seorang pematung berkebangsaan Skotlandia. Dia tinggal dan bekerja di Edinburgh. Dalam rentang tahun 2015 hingga 2018, dia adalah seorang Direktur Program Studi Seni Patung di Edinburgh College of Art.

Ia diketahui bekerja paruh waktu hingga saat sebagai tenaga pengajar seni patung Fine Art, di mana ia lebih menitikberatkan nilai estetika dan intelektual dalam karya-karyanya.

Hunter menamatkan pendidikannya di Glasgow School of Art pada tahun 1987 dan melanjutkan studinya dalam bidang seni patung klasik pada British School di Athena, Yunani.

Hunter membuat patung-patung bertema sosial yang monumental, yang mana itu adalah patung-patung yang elegan dari berbagai bahan termasuk kayu, plastik, besi dan perunggu. 

Dia menyisakan proses yang mempesona dalam keterlibatannya dalam proses pembuatan patung-patungnya di studio dengan mentransformasi bahan-bahan dalam rangka mengekpresikan idenya yang kompleks dan cemerlang dalam lintasan sejarah.

Karya-karya Hunter juga dikenal baik sebagai bagian public art di jalanan Gordon Street, Glasgow, Skotlandia. Adalah Youth With Split Apple, sebuah patung karya Kenny Hunter pada tahun 2005, yang ada di King's College pada Universitas Aberdeen, Skotlandia.

The Fear of The Lord is The Beginning of Wisdom
Universitas Aberdeen adalah perguruan tinggi dengan fokus riset publik. Ini sebuah universitas tua yang didirikan pada tahun 1495, ketika William Elphinstone, seorang Bishop dari Aberdeen dan juga seorang Konselor Skotlandia, mengajukan petisi kepada Paus Alexander VI dalam pertengahan masa kepemimpinan Raja James IV, Raja Skotlandia yang mendirikan King's College.

Universitas Aberdeen adalah Universitas tertua ketiga di Skotlandia dan tertua kelima di negara-negara dengan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu di dunia. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x