Mohon tunggu...
Temmy Megananda
Temmy Megananda Mohon Tunggu... masyarakat milenial bandung

Manusia biasa yang suka JKT48

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Kunci Sukses Vietnam Lawan Covid-19

27 April 2020   09:08 Diperbarui: 28 April 2020   05:38 331 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kunci Sukses Vietnam Lawan Covid-19
(AP/Hau Dinh)

Pandemi Covid-19 yang sudah dimulai sejak akhir tahun 2019 kini telah menjangkiti hampir 3 juta orang per hari ini (27/03/2020), dengan hampir 900.000 diantaranya terjadi di Amerika Serikat. 

Namun ada satu neagra yang cukup mencuri perhatian karena sukses menangkal virus yang berasal dari kota Wuhan, Tiongkok tersebut, negara itu adalah Vietnam.

Vietnam yang notabene adalah tetangga dari Tiongkok, tempat awal penyebaran covid-19 rupanya sangat amat berhasil menangani penyebarannya disaat banyak negara di dunia bersusah payah untuk menekan penyebaran namun masih saja sulit terkendali. Apa saja kiat sukses Vietnam menghentikan Covid-19 di negara tersebut? Berikut ulasannya.

TIDAK MENYEPELEKAN

Saat masa awal Pandemi dimulai, banyak dari masyarakat diseluruh dunia beranggapan, "ahh, Wuhan itu kan jauh, masih lama sampai sini" atau "optimis, dengan do'a kita pasti terbebas, tak perlu cemas" dan masih banyak hal lainnya. Lain halnya dengan Vietnam. Satu minggu sebelum tahun baru Imlek, Vietnam langsung bergegas. 

Pemerintah langsung melarang adanya pusat keramaian, pesta kembang api, dan festival-festival lainnya khas Imlek saat melihat di Tiongkok sudah terjadi kegaduhan soal virus ini.  Rakyat juga patuh akan anjuran pemerintah padahal Imlek adalah salah satu hari besar yang juga dirayakan dengan sangat amat meriah di Vietnam.

TERBUKA

Bila kasus Covid-19 di Indonesia sangat ditutupi, lain halnya dengan Vietnam. Pemerintah membuka akses yang sebebas-bebasnya tentang data pasien, dimana, bagaimana, kapan, dan tempat apa saja yang pernah ia kunjungi. Alih-alih menghina atau menghakimi si apsien, masyarakat justru patuh dan menjauhi tempat-tempat yang pernah dikunjungi pasien. 

TAK BANYAK ARGUMEN

berjalannya seluruh kebijakan yang ada di Vietnam tak luput dari sistem pemerintahannya yang sentralis dan juga kesadaran para pejabat setempat agar semua berjalan dengan semestinya. 

Tidak ada perang argumen, perdebatam apalagi perbedaan kebijakan antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat. Semua berjalan seksama dan beriringan. Dilapangan, masyarakat juga tidak banyak protes. mereka meyakini aturan yang dikeluarkan adalah yang terbaik untuk mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN