Mohon tunggu...
Temmy Megananda
Temmy Megananda Mohon Tunggu... masyarakat milenial bandung

Manusia biasa yang suka JKT48

Selanjutnya

Tutup

Thrkompasiana

Wilayah dan Negara dengan Durasi Puasa Terlama

24 April 2020   14:02 Diperbarui: 24 April 2020   14:12 17 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Wilayah dan Negara dengan Durasi Puasa Terlama
Masjid Paling Utara di Bumi, Masjid Nurd Kamal di kota Norilsk, Rusia (Foto : Russia Beyond)

Sebagai umat muslim yang tengah berpuasa di Indonesia, kita harus bersyukur karena durasi puasa di Indonesia relatif sama setiap tahunnya. Kurang lebih 13 jam. Hal ini didukung oleh letak geografis Indonesia yang berada di garis khatulistiwa. Jam disaat matahari terbit hingga terbenam tak berbeda jauh selama setahun penuh.

Karena lamanya durasi puasa dipengaruhi oleh letak posisi  bumi pada matahari, tentu durasi puasa di setiap tempat tidak sama. Seperti negara-negara yang berada di belahan bumi utara akan lebih lama mengalami siang.

Berikut adalah sejumlah wilayah dan Negara yang menjalani ibadah puasa Ramadhan terlama tahun ini.

GREENLAND
Penduduk muslim wilayah utara teritori dari Denmark ini akan menjalani puasa kurang lebih 20 jam. Sedangkan di ibukota Greenland, Nuuk, umat muslim akan memulai puasa pada pukul 2.59 pagi, dan berbuka pada pukul 21.31 malam.

ALASKA, AMERIKA SERIKAT
beberapa wilayah di utara Negara bagian Alaska, Amerika Serikat akan berpuasa lebih lama dari wilayah lainnya. Di kota Barrow, Alaska, puasa akan berlangsung 19,5 jam. Dimulai dari pukul 4 pagi hingga pukul 23.34 malam.

SIBERIA, RUSIA
sama seperti tempat lainnya di wilayah bumi bagian utara, penduduk muslim di wilayah Siberia juga menjalani puasa cukup lama, sekitar 19 jam. Di kota Yakutsk, wilayah Sakha-Yakutskaya, Rusia, memulai puasa pada pukul 2.21 pagi dan berbuka pada pukul 20.12 malam.

NORWEGIA
beberapa kota di wilayah utara negeri yang berada di wilayah Eropa Utara ini juga menjalani puasa dengan durasi yang cukup lama. Di kota Longyearbyen, Svalbard menjalani puasa sekitar 17 jam. Dimulai dari pukul 04.06 pagi, dan maghrib jatuh pada pukul 19.54 malam.

FINLANDIA
Negara yang juga terletak di wilayah Eropa Utara itu juga akan menjalani puasa yang cukup lama. Seperti halnya di ibukota Negara, Helsinki, puasa akan berlangsung 18 jam. Mulai pukul 3 pagi hingga pukul 21.03 malam.

ISLANDIA
Di negeri yang terkenal dengan gletser dan gunung apinya itu akan menjalani puasa dengan durasi yang tak kalah lama. Di ibukota Reykjavik, puasa akan dimulai pada pukul 03.00 pagi dan berakhir pada maghrib yang jatuh pada pukul 21.32 malam.

Bagaimana, masih bilang puasa kita di Indonesia lama? coba bayangkan bila kita berpuasa di wilayah-wilayah tersebut. jadi bersyukurlah untuk bisa berpuasa di Indonesia. Meski bagaimanapun dan dimanapun, kita tetap harus menjalankan puasa Ramadhan dengan sebaik mungkin. Selamat berpuasa. Marhaban ya Ramadhan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x