Mohon tunggu...
Temmy Megananda
Temmy Megananda Mohon Tunggu... masyarakat milenial bandung

Manusia biasa yang suka JKT48

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Cisumdawu Belum Rampung, Bandung-Sumedang Belum Terhubung Tol

4 April 2020   11:00 Diperbarui: 4 April 2020   11:30 410 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cisumdawu Belum Rampung, Bandung-Sumedang Belum Terhubung Tol
Terowongan jalan Tol Cisumdawu (Antarafoto.com)

Jalan tol Cisumdawu yang menghubungkan Bandung dengan Bandara Internasional Jawa Barat di Majalengka memang belum rampung, namun sebelumnya pemerintah menargetkan untuk jalan tol dapat difungsikan secara opsional dari Cileunyi hingga Sumedang Kota. namun kenyataan di lapangan berkata lain. 

Mudik tahunan yang selama ini cukup membebani ruas jalan nasional Bandung Cirebon rupanya masih akan erus berlanjut pada Lebaran tahun ini. pasalnya hingga saat ini, pengerjaan segmen 1 dan 2 terus dikebut. Namun dengan target musim mudik yang kurang lebih 1 bulan lagi sepertinya tidak akan tercapai.

Update pengerjaan Segmen 1 Cileunyi-Tanjungsari hingga 1 April 2020(Landviewer.com/ satelit Sentinel2)
Update pengerjaan Segmen 1 Cileunyi-Tanjungsari hingga 1 April 2020(Landviewer.com/ satelit Sentinel2)
Berdasarkan pemantauan dari satelit Sentinel 2 (1/04/2020), menunjukkan bahwa pengerjaan segmen 1 antara Cileunyi hingga Tanjungsari belum rampung. Pengerjaan Interchange atau simpang susun Cileunyi memang menjadi salah satu pekerjaan yang cukup berat pada proyek jalan tol yang digadang-gadang akan menjadi jalan tol terindah di indonesia ini. 

Sama halnya dengan Segmen 2 antara Tanjungsari dan Sumedang Kota. Pengerjaan proyek masih jauh dari kata rampung. segmen 2 merupakan segmen yang paling sulit karena medan yang ada cukup menyulikan pengerjaan proyek. di segmen ini juga terdapat terowongan tol pertama di Indonesia yang menembus bukit. 

selain dari medan yang berat, pembangunan proyek Jalan Tol Cisumdawu juga terhalang oleh pandemi Covid-19 yang tengah mewabah di seluruh dunia. Pemerintah juga menyarankan kepada masyarakat untuk tidak pergi mudik ke kampung halaman tahun ini karena penyebaran virus ini yang kian mengkhawatirkan.

Masyarakat juga sebaiknya mempertimbangkan saran dari pemerintah untuk tahun ini tidak pergi mudik. Selain karena alasan kesehatan dan keamanan karena Covid-19, kondisi infrastruktur yang masih belum siap seperti proyek pengerjaan Tol Cisumdawu ini juga dapat menjadi alasan.

(Temmy.04/04/2020)

VIDEO PILIHAN